Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

6 Kebiasaan Sehat Yang Harus Dilakukan Usai Bercinta

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 25 Juni 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Menjaga kebersihan area intim usai melakukan hubungan seks wajib dilakukan untuk menghindari kuman dan infeksi. Berikut ini 6 hal yang harus dilakukan usai berhubungan intim.

 

1. Cuci tangan

Tak hanya setelah berhubungan intim, sebelum melakukan hubungan intim pun sebaiknya tangan dicuci bersih terlebih dulu. Menurut Caleb Backe dari Maple Holistics, “Kita tentu tak ingin menyentuh pasangan, khususnya di area intimnya, dengan tangan yang tidak bersih. Begitu pun sebaliknya. Tangan itu magnet bagi bakteri dan kuman, baik sebelum maupun setelah hubungan intim.”

2. Bersihkan area intim

Tak hanya tangan, area intim juga wajib dibersihkan usai berhubungan intim. Gunakan air hangat dan sabun mandi dengan pH rendah. “Bagi perempuan, basuh bagian luar vagina dengan kain basah hangat dan sabun. Paling tidak, basuh area intim dengan air hangat,” kata Dr. Ronald D. Blatt, dokter kebidanan dan kandungan di Manhattan Center for Vaginal Surgery kepada livestrong.com.

Baca juga:  Gairah Seksual Meredup? Nyalakan Lagi Dengan 7 Hal Ini

3. Hindari sabun berparfum

Tak perlu memakai sabun atau wewangian untuk membersihkan area intim. Cukup sabun pH rendah dan air hangat atau air biasa. Sabun dengan aroma parfum yang keras bisa membuat kulit di sekitar kemaluan teriritasi dan mengalami infeksi.

4. Buang air kecil

Buang air kecil usai berhubungan intim terbukti menjadi cara paling efektif untuk menghindari infeksi saluran kencing. Jadi, sebaiknya jangan buru-buru tidur telah berhubungan intim. Tak hanya perempuan yang beresiko mengalami infeksi saluran kencing, laki-laki pun bisa.

Baca juga: 6 Alasan Medis Kenapa Seks Itu Penting

5. Berkumur

Berkumur dan membersihkan rongga mulut juga disarankan, apalagi pada pasangan yang melakukan oral seks. Studi terbaru menunjukkan bahwa menggunakan cairan pembersih mulut (mouthwash) setelah seks membantu mencegah penyebaran bakteri penyebab infeksi seperti gonorrhea dan klamidia.

6. Periksa tubuh sendiri

Usai hubungan intim merupakan saat tepat untuk memeriksa tubuh sendiri, apakah ada hal-hal tak biasa yang kita rasakan, khususnya di area intim. Jika perasaan tak nyaman terus berlangsung setelah hubungan intim, sebaiknya konsultasikan ke dokter6 Hal 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro