Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

7 Cara Maksimalkan Ruang Bawah Tangga

author
Isna Triyono
Jumat, 21 Juni 2019 | 14:00 WIB
Domiteaux Architects |

Setiap ruangan di rumah pasti ingin kita manfaatkan dan dekorasi dengan maksimal.

Sayangnya, ada beberapa bagian ruangan dalam rumah yang bisa dimanfaatkan tapi biasanya kurang maksimal. Salah satunya adalah area di bawah tangga.

Saat ingin memutuskan penggunaan area di bawah tangga, hal yang pertama harus kamu perhatikan adalah, apakah kamu ingin menyimpan atau memajang benda-benda kecil atau berukuran besar di bawah tangga?

Berikut 7 cara memaksimalkan ruang bawah tangga yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Baca juga: 5 Tips Membereskan Dapur

Timothy James Interiors |

1. Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang paling banyak dipakai, baik oleh penghuni maupun tamu. Kamu bisa bikin kamar mandi mungil di area bawah tangga.

 

Golden Design |

2. Rak Buku

Jadikan rak buku di area bawah tangga sebagai pusat perhatian di ruangan tersebut. Biarkan buku-buku terekspos dengan tatanan yang rapi. Sebagai penyegaran, kamu bisa meletakkan karpet di sana atau memberi pencahayaan yang maksimal.

 

Men At Work Design Build |

3. Lemari Penyimpanan

Ini adalah pemanfaatan area bahwa tangga yang paling popular, yaitu digunakan untuk lemari penyimpanan. Selain berguna untuk menyimpan barang-barang, lemari di bawah tangga juga menambah estetika.

 

Michaelson Homes LLC |

4. Rumah Untuk Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan layaknya anggota keluarga. Mereka juga membutuhkan tempat tersendiri. Kamu bisa membuat area bawah tangga sebagai rumah untuk hewan peliharaan.

 

Leslie Goodwin Photography |

5. Ruang Baca

Memanfaatkan area bawah tangga untuk rak sudah sangat bagus. Tapi kamu juga bisa lebih berkreasi lebih jauh dengan menambahkan kursi yang nyaman dan penerangan yang maksimal, maka bisa dijadikan ruang baca.

Baca juga: Tips Percantik Dapur dengan Budget Terbatas

 

Casey’s |

6. Dapur

Terkadang luas rumah yang sempit membuat kita harus pandai-pandai menyiasati, salah satunya dengan membuat dapur di area bawah tangga.

 

Bianco Renovations |

7. Ruang Anak

Kamu juga bisa menghias area bawah tangga seperti ruang bermain anak. Kamu bisa tempatkan aneka mainan, buku, serta kursi dan karpet agar anak betah bermain di sana.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono