Kekecewaan itu harus kita salurkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.
Sri Mulyani

Kenali 6 Tipe Lapar Ini Agar Berat Badan Tak Makin Nambah

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 2 Agustus 2019 | 16:06 WIB
| SHUTTERSTOCK

Rasa ingin makan tak selalu berarti kita lapar, lho. Seperti dilansir health24.com, sebuah studi menemukan adanya 6 tipe lapar, tak semuanya karena tubuh memang butuh asupan, tetapi karena penyebab lain. Misalnya, rasa lelah. Menentukan tipe lapar bisa membantu mencegah kenaikan berat badan.

 

1. Lapar Mata

Rasa lapar ini tak selalu berarti tubuh kita memang benar-benar butuh asupan. Penyebabnya bisa jadi karena tergoda penampilan cantik makanan di meja makan. Tanyakan pada diri, misalnya ketika kita melihat kue cantik, apakah kita memang pengin kue itu? Jika jawabannya tidak, tak ada masalah. Jika kamu merasa ya, ambil sepotong kecil, yang penting sudah mencicipi.

2. Lapar Hidung

Bau harum cinamon roll juga bisa membuat napsu makan mendadak naik. Jika kamu memang sangat tergiur oleh bau cinnamon roll, ambil sepotong roti gandum dan olesi dengan selai kacang dan cinamon sebagai pengganti.

Baca juga: Selalu Merasa Lapar, Simak 6 Penyebabnya

3. Lapar Emosi

Emosi atau perasaan pun bisa membuat kita ‘lapar.’ Misalnya perasaan sedih, cemas, atau bosan. Pokoknya semua perasaan tak enak yang membuat mood turun dan pengin makan sesuatu, meskipun sebetulnya perut belum benar-benar lapar. Hindari beranjak ke dapur atau membuka lemari pendingin untuk mencari makanan. Lebih baik cari tahu apa yang membuat kamu kesal atau cemas lalu cari solusinya.

4. Lapar Mulut

Tekstur atau suhu tertentu secara psikologis bisa membuat kita merasa nyaman. Salah satunya camilan gurih atau dingin. Akibatnya, muncul keinginan makan makanan gurih atau minuman dingin. Padahal, bisa jadi pada saat itu kita tak lapar. Ganti es krim dengan yogurt atau buah anggur dingin yang crunchy. Dengan begitu keinginan makan tetap terpenuhi tetapi bukan makanan yang mengandung banyak gula dan kalori.

| SHUTTERSTOCK
5. Lapar Tubuh

Penyebabnya seringkali karena kondisi fisik seperti kelelahan. Coba cek apakah saat itu sebetulnya waktu untuk tidur siang. Rasa lelah terbukti memang bisa memicu keinginan untuk makan. Tetapi makan berat hanya akan membuat kita makin lelah. Cobalah tidur 10-15 menit untuk meredakan napsu makan. Jika tak berhasil juga, ambil camilan tinggi protein seperti almond yang akan membantu menambah energi kita.

6. Lapar Perut

Ini terjadi ketika perut berbunyi kencang alias perut keroncongan. Kalau ini yang terjadi, tak ada kata lain selain makan karena kali ini perut benar-benar butuh asupan. Ukur rasa lapar dengan skala 0 hingga 10. Skala 0-3 berarti waktunya mencamil, skala 4-6 berarti makan dengan porsi kecil, dan skala 7-10 berarti makan besar sampai kenyang.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro