If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

5 Hal Di Kantor Yang Mempercepat Penuaan

author
Hasto Prianggoro
Senin, 5 Agustus 2019 | 12:35 WIB
| SLOUCHING

Studi menunjukkan, duduk di kantor selama 10 jam atau lebih per hari akan membuat sel-sel tubuh lebih tua 8 tahun dibandingkan mereka yang aktif bergerak. Berikut ini 5 hal yang bisa mempercepat penuaan mereka yang lebih banyak bekerja di ruangan.

 

1. Tak banyak gerak

Olahraga adalah kunci hidup sehat. Ini tak mudah dilakukan ketika kita bekerja di ruangan kantor karena disibukkan dengan komputer dan berkas-berkas. Cara terbaik adalah berdiri setiap 9 menit sekali dan melakukan stretching ringan. Berjalan menuju ke kafe saat makan siang juga bisa memaksa kita untuk bergerak.

2. Sibuk menatap layar komputer

Bekerja dengan file dan berkas penuh angka bisa melalahkan, baik mental maupun mata. Terkadang huruf maupun angka di komputer juga terlalu kecil sehingga membuat mata cepat lelah dan pikiran tegang. Selain istirahat setiap 90 menit sekali, membesarkan huruf pada komputer juga bisa membantu mata supaya tidak bekerja terlalu keras dan pikiran tegang. Memakai krim mata setiap pagi dan malam hari juga membantu menjaga kulit di sekitar mata supaya tak cepat berkeriput.

Baca juga: 8 Gerakan Mudah Ini Bisa Tingkatkan Performa Seks

3. Asyik mencamil

Pekerjaan di kantor sering membuat kita malas bergerak, bahkan untuk makan siang sekalipun. Akibatnya kita lebih sering menyediakan camilan tak sehat di samping layar komputer dan mencamil sepanjang hari. Padahal, menjaga pola makan sama pentingnya dengan berolahraga atau beraktivitas. Lebih baik bawa bekal makan sendiri dari rumah. Selain lebih sehat, juga lebih berhemat.

4. Duduk melengkung

Kebanyakan duduk membuat postur tubuh menjadi tak ideal lagi. Apalagi, biasanya posisi duduk kita tak selalu tegak tetap punggung melengkung. Posisi duduk seperti ini tak hanya tak baik bagi penampilan, tetapi juga mengurangi kekuatan tubuh bagian atas, mengganggu pernapasan, bahkan bisa membuat kita jadi sering sakit kepala. Coba cek cara duduk setiap setengah jam sekali. Jika posisi duduk sudah mulai melengkung, perbaiki.

5. Paparan UV lampu ruangan

Paparan cahaya lampu ruangan bukannya tak memiliki resiko. Kenyataannya, lampu pijar juga menelurkan sinar UV juga, sama seperti sinar matahari. Padahal, sinar UV bisa mempercepat penuaan jika tak dilindungi. Jadi, meski berada di dalam ruangan, pakai pelembab dengan SPF minmal 15 untuk melindungi kulit dari sinar UV lampu.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro