Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

6 Langkah Penuhi Nutrisi Selama Menyusui

author
Isna Triyono
Selasa, 6 Agustus 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Wanita menyusui direkomendasikan untuk mendapat asupan sekitar 330 kalori per hari.

Kebutuhan nutrisi tadi disarankan dipenuhi dengan cara cerdas seperti memilih menu makanan sehat.

Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk penuhi nutrisi selama menyusui.

1. Makanan Ringan yang Sehat

Selama menyusui, makanan ringan bisa dibilang sangat penting karena sering dicari setelah menyusui. Untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal, pastikan sediakan makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan, yogurt, atau salad sayuran.

Baca juga: 5 Cara Cegah Gusi Berdarah Saat Hamil

2. Stok Makanan Sehat di Dapur dan Kulkas

Isi dapur dan kulkas dengan makanan sehat yang mudah dimakan dan disiapkan. Misalnya sereal berserat tinggi, oatmeal instan, atau sayuran.

3. Jangan Lewatkan Waktu Makan

Meski sibuk atau terlalu lelah, sebaiknya kamu tidak melewatkan makan malam. Pilih menu makan malam yang praktis dan mudah disiapkan.

4. Tetap Terhidrasi

Pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Usahakan menempatkan botol minuman di tempat biasanya kamu menyusui atau memerah ASI. Kurangi minuman manis dan berkafein.

5. Asupan Kalsium

Pastikan tubuhmu mendapat asupan kalsium yang cukup selama menyusui. Pilihan makanan dengan kandungan kalsium tinggi di antaranya produk susu, ikan salmon atau makarel, tepung gandum, biji-bijian, sayuran, atau buah kering.

Baca juga: Wasir Saat Hamil? Ini Tips Meredakannya

6. Boleh Makan Pedas, Asal…

Jika sebelumnya kamu penyuka makanan pedas, tidak masalah untuk terus memakannya selama menyusui. Namun tetap awasi kemungkinan reaksi alergi pada bayi beberapa jam setelah menyusui.

Jika bayi tidak menunjukkan reaksi apapun, kamu tetap bisa makan makanan pedas. Namun jika bayi menjadi rewel dan kembung, sebaiknya hentikan kebiasaan makan makanan pedas.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono