What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

4 Cara Bikin Lilin Darurat

author
Isna Triyono
Senin, 5 Agustus 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Berkaca dari kejadian pemadaman listri hampir seharian penuh di sebagian besar Pulau Jawa dan Bali, banyak masyarakat yang tidak siap menghadapi peristiwa itu.

Membeli lilin atau genset pun sudah dibilang terlambat. Belum lagi harus bersaing dengan orang yang juga ingin membeli barang yang sama.

Jika kehabisan lilin, kamu masih bisa membuat penerangan darurat dari bahan-bahan yang biasanya sudah tersedia di rumah.

Berikut 4 cara bikin lilin darurat di rumah.

1. Kapas dan Minyak Goreng

Prinsip kerjanya seperti penerangan di café atau restoran. Sediakan wadah yang telah diisi minyak goreng. Lalu masukkan kapas yang sudah dipilin panjang. Bakar ujung kapas.

Baca juga: Menata Rumah Minimalis Ala Jepang? Ini Tipsnya

2. Krayon

Selain untuk menggambar, krayon bisa jadi penolong kita saat mati lampu dan kehabsan lilin lo. Caranya, bakar krayon di bagian ujung yang lancip. Pastikan krayon bisa aman berdiri tegak selama menyala.

Baca juga: Agar Bebas Kusam dan Lumut, Ini Cara Merawat Batu Alam

3. Pantulan Cermin

Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya dari luar, misalnya cahaya bulan untuk menerangi bagian dalam ruangan di rumah. Cara ini sangat ampuh dan terbilang paling aman.

4. Senter dan Botol Air

Tempelkan senter menghadap galon yang berisi air. Cahaya senter akan lebih terang dan bisa menerangi satu ruangan.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono