If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

6 Aktivitas Outdoor Yang Membantu Meningkatkan Kosakata Anak

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 7 Agustus 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Perkembangan bahasa seorang anak merupakan salah satu fase tumbuh kembang yang menarik dan penting. Salah satu cara untuk meningkatkan kosakata anak adalah dengan mengajaknya bermain atau beraktivitas di luar rumah (outdoor). Berikut ini 6 aktivitas outdoor yang bisa dilakukan untuk menambah perbendaharaan kata anak.

1. Hiking

Berjalan-jalan di lokasi yang memiliki pemandangan indah seperti pegunungan atau lokasi wisata akan memberi anak kesempatan untuk melihat dan mengenal banyak hal, contohnya nama-nama binatang, tumbuhan, kondisi cuaca, dan sebagainya.

2. Jalan kaki

Jika hiking adalah berjalan-jalan di lokasi yang memiliki panorama alam indah, jalan-jalan bisa dilakukan dimana saja. Misalnya di sekitar kompleks perumahan. Kenalkan anak pada benda-benda yang dilewati, seperti rumah, marka jalan, toko, dan sebagainya.

| SHUTTERSTOCK
 3. Bersepeda

Selain menambah kosakata, bersepeda juga menyenangkan dan membiasakan anak untuk berolahraga. Banyak kosakata yang juga bisa dikenalkan pada anak, misalnya “mengayuh,” “cepat,” “rem,” “belok kiri,” dan sebagainya.

4. Berkebun

Ajak anak untuk menanam dan  merawat tanaman di kebun atau halaman rumah. Anak bisa dilibatkan sejak proses membeli bibit tanaman, memilih tanaman yang akan ditanam di kebun, menanam, dan sebagainya. Melalui aktivitas ini, anak akan mengenal banyak kosakata baru, seperti nama-nama tanaman, alat berkebun, dan sebagainya. Bermain tanah juga merupakan salah satu aktivitas yang disukai anak.

| SHUTTERSTOCK
5. Bermain air

Rasanya tak ada anak yang tak suka bermain air. Tak perlu heran jika anak enggan berhenti bermain air dan maunya berlama-lama. Nah, gunakan ini sebagai kesempatan untuk mengenalkan banyak kosakata pada anak, misalnya “menyiram,” “menyemprot,” “menyelam,” dan sebagainya.

6. Bermain bola

Usia batita merupakan usia dimana anak sedang aktif bergerak dan mengeksplorasi lingkungannya. Salah satu permainan yang disukai anak adalah bermain bola. Selain bermain, anak juga bisa mendapat banyak manfaat dari permainan bola, salah satunya menambah kosakata. Sebut saja kata “menendang,” “menggring,” “melambung,” dan sebagainya.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro