I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Pensiun Kaya Raya Di Usia 30-an, Contohlah Pasangan Muda Ini

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 6 Agustus 2019 | 14:04 WIB
| freedomwithbruno.com

Pasangan muda dari California, AS, ini memutuskan pensiun di usia 30-tahunan dengan tabungan 1 juta dolar AS. Pasangan itu, Travis dan Amanda, berasal dari Kanada dan pindah ke San Fransisco tahun 2008. Bagaimana cara mereka mengumpulkan tabungan sebanyak itu?

 

1. Tahu tujuan keuangan

Ketika Travis di-PHK sebagai karyawan IT di sebuah perusahaan minyak tahun 2012, terbersit di benaknya enaknya bisa menjadi orang bebas tanpa harus bekerja, tetapi punya banyak uang. Akhirnya, ia dan Amanda sepakat memutuskan pensiun dini di usia 30 tahunan, tahun 2015 lalu.

Untuk mewujudkan mimpi bebas finansial, mereka harus punya paling tidak 1 juta dolar AS di simpanan mereka. Mereka pun merencanakan 3-4% profit dari nilai portofolio mereka setiap tahun.

2. Review aset

Melakukan manajemen keuangan akan membuat kita tahu posisi keuangan dan apa yang harus kita lakukan untuk masa depan. Travis dan Amanda memutuskan menggabungkan uang mereka dan mengelolanya pada satu situs pengelolaan keuangan. Mereka rajin mereview aset dan nilai uang mereka.

Baca juga:  Soal Spending Habit, Ini Beda Generasi Milenial dan Generasi Sebelumnya

3. Menabung

Pasangan ini menyisihkan 65% dari gaji mereka selama 3 tahun untuk mewujudkan mimpi 1 juta dolar AS. Mereka rela tinggal di sebuah rumah kontrakan seharga 2,200 dolar per tahun dan mengurangi biaya hidup, misalnya membatasi pemakaian mobil dan mengurangi pemakaian mesin cuci. Mereka bahkan mengeringkan cucian dengan jalan mengangin-anginkannya di halaman rumah.

4. Fokus bekerja

Sebagai karyawan, gaji adalah sumber utama rencana investasi mereka. Travis pun kembali ngantor untuk mengumpulkan uang demi wujudkan mimpinya. Selama setahun, ia berpindah pekerjaaan 3 kali demi mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Sementara Amanda bekerja sebagai insinyur kimia. Pada puncak karier keduanya, penghasilan keduanya sebesar 200.000 dolar AS.

5. Menekan biaya pengeluaran

Menabung atau berinvestasi akan lebih mudah jika biaya hidup bisa ditekan. Ketika pensiun dini, Travis dan Amanda memutuskan membeli rumah di kota kecil di daerah pegunungan seharga 270 ribu dolar AS demi menghemat pengeluaran. Tinggal di kota kecil tentu akan menghemat biaya hidup sehari-hari. Selain itu, rumah di wilayah pegunungan bisa disewakan kepada wisatawan, sementara mereka berkeliling dunia.

| SHUTTERSTOCK
6. Jual barang yang tak diperlukan

Saat nilai investasi hampir mendekati tujuan keuangan, pasangan ini menjual semua barang yang tak mereka perlukan. Yang tersisa hanya barang-barang yang memang mereka butuhkan sehari-hari. Ini juga salah satu cara mereka mengurangi pengeluaran.

7. Atur pengeluaran setelah pensiun

Pengeluaran setelah pensiun juga harus diperhatikan supaya simpanan tak cepat habis. Pasangan Travis dan Amanda sangat disiplin mengatur pengeluaran. Mereka menjaga supaya pengeluran tahunan tak lebih dari 4% dari portofolio mereka. Akibatnya, mereka terkadang harus mengurangi pengeluaran ketika portofolio sudah mendekati batas 4%.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro