Everyone has inside of her a piece of good news. The good news is that you don’t know how great you can be, how much you can love, what you can accomplish, and what your potential is.
Anne Frank

4 Essential Oil Untuk Mengatasi Ketombe

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 8 Agustus 2019 | 09:00 WIB
ketombe | SHUTTERSTOCK

Ketombe di kulit kepala bikin tidak nyaman. Kamu bisa coba mengatasinya secara alami dengan 4 jenis essential oil ini.

Ketombe disebabkan oleh jamur malassezia yang hidup pada permukaan kulit kepala. Kondisi ini memengaruhi produksi minyak di kulit kepala sehingga menciptakan lapisan putih kekuningan yang terkadang sulit dihilangkan meskipun sudah memakai sampo antiketombe sekalipun.

Dilansir dari wellandgood.com, cobalah atasi ketombe secara alami dengan essential oil berikut:

1.Tea Tree Oil

“Paling direkomendasikan untuk masalah ketombe. Mengandung antibacterial dan antifungal yang melindungi kulit kepala,” ungkap Mariza Snyder, DC, penulis buku The Essential Oils Hormone Solution.

Diane Brown, pakar essential oil di Spa Pechanga merekomendasikan pada awal perawatan gunakan beberapa tetes tea tree oil yang dicampur dengan carrier oil lain yang sudah dihangatkan, seperti minyak zaitun, minyak castor atau minyak kelapa. Proses pemanasan bermanfaat membuat minyak lebih mudah menyebar.

Setelah dioles merata pada rambut, pijat perlahan, tutupi dengan shower cap lalu diamkan 30 menit.

Baca juga: 10 Essential Oil untuk Kecantikan

2.Geranium

Essential oil yang bisa membersihka kulit kepala. Cara pakainya bisa ditambahkan langsung pada sampo. “Geranium akan membantu menyehatkan kulit kepala, memperkuat akar rambut hingga ke ujung-ujungnya,” terang Snyder.

Peppermint oil | SHUTTERSTOCK

3.Peppermint

Mengandung antiinflamasi dan antiseptik yang bermanfaat menenangkan kulit kepala yang gatal akibat ketombe. Selain itu, membantu menyerap kelebihan minyak pada kulit kepala. Cara pakainya, campur 1-2 tetes peppermint oil dengan sampo bebas parfum.

Baca juga: 7 Bahan Alami Hilangkan Kulit Kepala Gatal dan Ketombe

4.Rosemary

Berfungsi sebagai antifungal dan astringent yang mampu mengurangi kelebihan minyak di kulit kepala, kotoran yang menumpuk serta ketombe yang menempel. “Antifungalnya mengatasi aktivitas jamur pada kulit kepala yang menjadi penyebab utama ketombe.”

Cara pakainya, campur rata rosemary oil dan carrier oil (grapeseed, apricot kernel atau  jojoba oil) dengan perbandingan 1:3. Teteskan pada telapak tangan lalu oles merata pada kulit kepala sambil digosok perlahan. Gunakan 2-3 kali seminggu.

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi