It needs to be said and heard: it’s OK to be who you are.
Hailee Steinfeld

Extension Bulu Mata Bikin Bulu Mata Asli Rontok? Cek Faktanya!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 10 Agustus 2019 | 10:00 WIB
Bulu mata rontok | SHUTTERSTOCK

Extension bulu mata masih jadi tren. Mungkin kamu pun tertarik atau sudah melakukannya. Tapi benarkah treatment ini bakal bikin bulu mata asli kamu rontok? Cek fakta-fakta berikut ini, yuk!

MATERIAL BULU MATA

Helaian extension bulu mata terbuat dari beberapa jenis bahan, yaitu natural mink dan synthetic silk.

Biasanya yang berbahan silk bersifat hypoallergenic, sementara bahan natural mink sebaiknya dihindari jika kamu alergi terhadap bulu hewan. Salah memilih material bulu mata memicu risiko alergi, iritasi dan rontok.

PERHATIKAN PANJANG DAN KETEBALAN

“Memakai bulu mata yang terlalu panjang dan tebal bisa meningkatkan risiko kerusakan bulu mata asli. Terlalu berat dan bisa membuat ‘stres’ folikel rambut. Akhirnya, bulu mata asli bisa rontok terus menerus,” terang Andra Marin, pakar kecantikan Courtney Akai Lash Boutique di New York

Jadi sebaiknya, pilih extension bulu mata dengan panjang dan ketebalan natural saja. “Panjangnya jangan lebih dari 2mm dari bulu mata asli, dan ketebalannya juga jangan terlalu jauh dari bulu mata asli. Selain itu, pilih bentuk kelentikan yang natural, jangan yang terlalu lentik,” sarannya lagi.

Baca juga: 12 Pertanyaan Wajib Jawab Sebelum Extension Bulu Mata

UTAMAKAN KESEHATAN MATA

Terpenting, pastikan saat prosedur dilakukan mata kamu sedang dalam kondisi sehat. Jika kamu memiliki kondisi mata tertentu, misalnya memakai lensa kontak atau melakukan bedan mata, konsultasikan dulu treatment extension bulu mata pada dokter mata.

“Meskipun risiko treatment ini kecil, tetapi bisa memicu infeksi mata dan kelopak mata jika prosedur tidak bersih dan dipaksakan pada mata yang tidak sehat,” terang Marin

“Bakteri dapat berkembang biak di bawah atau pada lem dan bulu mata. Apalagi dengan adanya bulu mata palsu tersebut, jadi sulit membersihkan mata. Jika terjadi keluhan mata setelah melakukan extension segera berobat,” sarannya.

Satu tips lagi, untuk memastikan apakah kamu alergi atau tidak terhadap material extension bulu mata, cobalah oleskan lem bulu mata pada pergelangan tangan. Jika alergi, maka akan timbul kemerahan, bengkak atau rasa gatal.

SIKLUS NATURAL BULU MATA

Sejujurnya, lanjut Marin, sebaik apapun perawatannya, extension bulu mata bakal tetap rontok mengikuti siklus kerontokan bulu mata asli.

“Seperti halnya rambut di kepala, setiap helai bulu mata asli memiliki siklus tumbuh dan rontok, yaitu sekitar 60-90 hari. Jadi saat bulu mata asli mencapai siklus rontoknya, extension bulu mata yang ditempel di atasnya juga bakal rontok.  Dalam sehari 1-5 helai bulu mata akan rontok,” terang Marin.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi