Dress shabbily and they remember the dress, dress impeccably and they remember the woman.
Coco Chanel

Hindari, 8 Alasan Orang Gagal Membangun Bisnis

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 13 Agustus 2019 | 12:02 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Menjadi enterpreneur alias pebisnis itu tidak mudah. Banyak bisnis yang akhirnya gulung tikar karena berbagai sebab, seperti kehabisan modal, perubahan pasar yang tak bisa diantisipasi, kurang inovasi, dan sebagainya. Faktor pemilik atau pengelola juga ikut menentukan berkembang tidaknya sebuah bisnis. Berikut penyebab bisnis gagal akibat faktor manusianya.

 

1.Tidak Bisa Fokus

Memulai dan menjalankan bisnis butuh perhatian dan fokus 100%. Pebisnis yang berhasil tak hanya sibuk tetapi juga produktif. Mereka lebih memilih mengerjakan dengan benar dibanding menyelesaikan pekerjaan semata.

 

2.Mengerjakan Semuanya Sendirian

Pebisnis sukses paham pentingnya bekerja dengan orang lain. Mereka tahu setiap individu memiliki batas yang hanya bisa diatasi dengan menggandeng orang lain. Jadi, jangan pernah ragu mendelegasikan sebagian tugas kepada orang lain yang lebih jago.

 

3.Takut Dikritik

Pebisnis sukses mau mendengarkan masukan dan kritik. Mereka paham bahwa masukan atau kritikan ini akan membantu mencegah mereka mengulangi kesalahan yang sama.

 

Baca juga: Kongsi Bisnis Dengan Teman Gagal, Ini Penyebabnya

 

4.Tidak Tahan Banting

Pebisnis sukses tak pernah menyerah. Biasanya mereka akan jatuh bangun berulang kali hingga mencapai sukses. Semakin sering mereka jatuh, semakin mereka memahami cara mengindari kegagalan dan membangun sukses.

 

5.Tidak Mau Beradaptasi

Hampir 90% produk yang dipasarkan berbeda dari rancangan atau rencana awal. Pebisnis sukses selalu siap untuk berubah mengikuti kehendak pasar, sesuai dengan data dan informasi yang mereka peroleh.

 

6.Berhenti Belajar

Sebelum memulai program SpaceX, Elon Musk, CEO SpaceX dan Tesla Motors, membaca banyak buku tentang roket dan propulsi. Meski tidak mengerjakan sendiri, tetapi dia paham dasar-dasarnya.

 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Membangun Bisnis Dengan Bootstrapping

 

7.Kurangnya Inteligensi Emosional

Pebisnis sukses memiliki inteligensia emosional yang baik, sehingga mampu mempengaruhi, mengelaborasi, dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Empati contohnya, adalah senjata rahasia para enterpreneur sukses untuk membuat pelanggan bahagia.

 

8.Tidak Bisa Mengatur Waktu

Manajemen waktu sangat krusial dalam menjalankan bisnis. Ini bukan hanya berarti harus bekerja superkeras, tapi juga bekerja cerdas seperti mendelegasikan tugas, menghindari multitasking yang tak perlu, dan sebagainya.

 

 

 

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi