Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Punya Teman Pemalas? Ini Trik Hadapinya

author
Isna Triyono
Kamis, 15 Agustus 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Rekan kerja di kantor tentu beraneka macam karakternya.

Kamu bisa menjumpai rekan kerja mulai dari yang rajin, suka cari muka, suka bergosip, hingga pemalas.

Jika kamu menemukan satu teman kerjamu punya sikap pemalas, jangan buru-buru bete ya. Tapi lakukan tips berikut ini.

1. Jangan Terpengaruh

Kamu boleh bergaul dengan si pemalas tapi hangan sampai terpengaruh ikut-ikutan jadi malas. Justru kamu harus bisa memberi pengaruh positif agar dia menjadi lebih rajin.

Misalnya kamu bisa bercerita kalau jadi karyawan yang rajin maka kesempatan untuk naik jabatan akan lebih terbuka lebar. Kamu bisa memberi masukan tanpa nada menggurui ya.

Baca juga: Jangan Ciut, Ini 5 Tips Hadapi Bos Killer

2. Jangan Beri Bantuan

Hal ini berlaku khusus untuk masalah pekerjaan ya. Jadi, jangan sekali-kali kamu memberi bantuan pada si pemalas, misalnya dengan mengerjakan pekerjaan yang jadi tugasnya.

Mungkin niat kamu baik, tapi percayalah hal itu justru membuat si pemalas semakin keenakan dengan tidak mengerjakan apa yang sudah ditugaskan kepadanya.

3. Acuhkan, Jangan Dipikirkan

Menghadapi rekan pemalas, sebaiknya acuhkan saja. Kamu bisa terus fokus menyelesaikan tugas-tugasmu tanpa menghiraukan dia.

Karena jika terus dipikirkan, kamu malah akan merasa kesal sendiri dan itu bisa mempengaruhi mood kamu dalam bekerja lo.

4. Bicarakan Dengan Anggota Tim Lainnya

Sifatnya yang malas biasanya akan sedikit banyak mempengaruhi kinerja tim. Oleh karena itu, ada baiknya kamu bicarakan hal ini dengan anggota tim lainnya untuk dicarikan jalan keluarnya. Misalnya mengutus salah satu teman yang disegani untuk bicara langsung pada si pemalas dan minta ia bekerja sama demi performa tim.

Baca juga: 5 Tanda Ini Saatnya Resign dari Kantor

5. Jadikan Peluang

Cara yang paling positif menghadapi si pemalas adalah jadikan hal ini sebagai peluang kamu untuk naik jabatan atau mendapat promosi.

Kamu bisa menonjolkan diri sebagai karyawan yang rajin dan bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline. Hal ini tentu akan menjadi perhatian si bos.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono