You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

4 Benda Sehari-Hari Yang Wajib Rutin Diganti

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 23 Agustus 2019 | 12:00 WIB
Sunscreen | SHUTTERSTOCK

 

Apakah kamu belum mengganti sikat gigi lebih dari 3 bulan? Empat benda di bawah ini wajib diganti secara rutin untuk mencegah bakteri atau kuman penyakit.

 

Seringkali kita enggan mengganti sikat gigi karena merasa sudah nyaman dengan yang lama. Padahal, untuk mendapat manfaat kesehatan maksimal, sikat gigi sebaiknya diganti setiap 3 sampai 4 bulan sekali. American Dental Association menyarankan untuk segera mengganti sikat gigi begitu bulu-bulu sikatnya mulai pudar atau rusak.

Selain sikat gigi, di urutan kedua benda yang harus rutin diganti adalah softlens alias lensa kontak. Begitu terlihat ada retakan atau kusam, sebaiknya segera anti softlens karena bisa menjadi tempat bakteri. Ganti paling tidak setiap 3 bulan sekali.

Baca juga: Agar Awet dan Nyaman Dipakai, Ini 5 Cara Merawat Bantal

Bersihkan kotak penyimpanan softlens begitu softlens sudah dipakai. Cuci dengan cairan pembersih lensa khusus, keringkan, dan simpan tempat penyimpanan softlens di udara terbuka. Yang harus diingat, jangan pakai softlens lebih dari waktu yang disarankan. Ikuti jadwal kapan harus menganti softlens.

Benda lain yang juga harus diganti atau dibuang adalah sunscreen yang sudah melewati masa pakainya. Kelihatannya sepele, tetapi membuang sunscreen yang sudah kadaluwarsa wajib dilakukan. Jika sunscreen tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa, jangan pakai lagi setelah 3 tahun.  

Benda terakhir yang harus rutin diganti adalah bantal atau guling. Selain mengganti sarungnya, bantal atau guling sebaiknya diganti setiap minimal 2 atau 3 tahun. The National Sleep Foundation menyarankan 1 sampai 2 tahun sekali untuk bantal yang tidak dilindungi sarung dengan ritsleting. Mencuci cukup membantu, tetapi pastikan jenis bantal memang bisa dicuci dengan mesin cuci supaya tidak malah rusak.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro