There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Agar Terhindar Dari Cedera, Ikuti 5 Cara Memilih Sepatu Olahraga

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 4 September 2019 | 17:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Jangan sembarangan memilih sepatu olahraga untuk mengurangi risiko cedera. Ikuti cara yang tepat memilih sepatu olahraga berikut ini, yuk.

1.Jenis Sepatu

Tentukan olahraga yang ingin kamu lakukan, dan sesuaikan dengan sepatunya, misalnya sepatu running, training, tennis, basket, jalan kaki, dan sebagainya.

2.Bentuk Telapak Kaki

Bentuk telapak kaki seseorang memengaruhi model sepatu yang sebaiknya dipilih. Setidaknya ada tiga bentuk telapak kaki. Coba perhatikan kamu termasuk yang mana.

Normal arch, yaitu telapak kaki dengan lengkungan normal. Bentuk telapak kaki ini cocok memakai sepatu dengan sedikit lengkungan di bagian tengah.

High arch, yaitu telapak kaki dengan lengkungan tinggi. Bentuk telapak kaki ini memiliki tekanan besar pada bagian depan dan tumit. Sebaiknya memilih sepatu yang sol tengahnya lebih tebal, serta bantalan empuk pada tumit dan bagian depan.  

Low arch, yaitu telapak kaki dengan lengkungan rendah atau disebut juga flat foot. Cenderung menekuk kedua telapak kakinya ke arah luar membentuk huruf V. Sebaiknya pilih sepatu olahraga dengan busa tidak terlalu tebal, sol karbon, dan memiliki motion control.

Baca juga: Trik Merawat Sepatu Kesayangan, Bisa Pakai Penghapus Pensil atau Minyak Goreng

3.Kualitas Bahan

Pastikan sepatu terbuat dari bahan tekstil berkualitas yang nyaman dipakai dan tidak bikin lecet atau gerah.

Sebelum membeli sebaiknya kamu mencoba sepatu. Lakukan gerakan berjalan, melompat, jongkok dan rasakan apakah cukup nyaman dan lentur.  

Baca juga: Ini 5 Tips Memilih Sepatu Pengantin Yang Nyaman

4.Size Tepat

Saat mencoba sepatu, coba gerak-gerakan jemari kaki. Coba tekan-tekan ujung jari kaki dengan tangan, apakah masih ada ruang.

Jika jemari masih leluasa bergerak di ruangan sisa tersebut artinya sepatu tersebut pas. Jangan pilih yang terlalu sempit karena membuat jemari kaku, kram dan luka.

5.Beli Malam Hari

Ini fakta, lho. Ternyata membeli sepatu di malam hari memang lebih baik karena pada saat itu telapak kaki melebar.

Dengan memilih sepatu yang tepat, kamu pasti mendapatkan manfaat olahraga yang lebih maksimal

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi