It needs to be said and heard: it’s OK to be who you are.
Hailee Steinfeld

Mau Cepat Kaya? Ikuti 5 Kebiasaan Ini

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 10 September 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Tak pernah ada satu solusi atau satu cara untuk meraih kekayaan. Berikut 5 kebiasaan yang wajib kamu ikuti jika pengin kaya.

 

1. Jangan selalu membayar kenyamanan

Zaman sekarang, teknologi menjadi raja. Segala hal bisa kita lakukan dan peroleh melalui teknologi. Mau makan tanpa repot memasak dan jalan ke restoran, memesan taksi hanya melalui smartphone, dan sebagainya, bukan soal sulit. Generasi masa kini menjadi terbiasa mengeluarkan uang untuk memperoleh kenyamanan yang semestinya bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membayar jasa.

Untuk membangun kekayaan, kamu sebaiknya tidak selalu membayar hanya untuk mendapat kenyamanan. karena jika menyangkut kenyamanan, harganya bisa sangat mahal. Misalnya, jika kamu pencinta kopi, kenapa tidak membikin kopi sendiri di rumah ketimbang setiap pagi ngopi di kafe yang mahal? Jika kamu bisa mengatur anaggaran dan disiplin menjaga budget tersebut, maka akan mudah untuk menumpuk kekayaan. Kamu tahu mana yang harus mengeluarkan uang, mana yang tidak.

2. Tak perlu bermewah-mewah

Banyak orang yang mengartikan sukses dengan mobil mewah, rumah luas, atau perhiasan berkotak-kotak. Sesekali boleh lah membeli barang-barang mewah, tetapi jangan salah, banyak orang yang sangat kaya justru hidup sederhana. Warren Buffet misalnya, sejak tahun 1958 tinggal di rumah yang sama. Mobilnya pun Cadillac yang ia beli tahun 2006. Padahal, kekayaannya tak main-main, 70 milyar dolar AS atau sekitar 900 triliun!

Jadi, tak perlu hidup berlebihan. Belum tentu orang yang punya mobil mewah  tabungannya juga mewah. Yang banyak terjadi, orang hanya tampak luarnya saja mewah, padahal sebetulnya nggak punya uang. Seperti telah disebut di atas, boleh-boleh saja membeli barang mewah sesekali jika punya uang, tetapi hidup sederhana akan memberi kamu kebahagiaan jangka panjang.

| SHUTTERSTOCK
3. Hindari hutang, titik.

Jika kamu pengin membangun kekayaan, yang juga harus dilakukan adalah menghindari hutang sebisa mungkin. Jadikan hutang sebagai opsi terakhir sebelum opsi lain tak bisa dilaksakanan. Mislanya jika butuh uang, coba pinjam dulu ke saudara atau kerabat, jangan ke bank atau lembaga peminjaman. Begitu juga kartu kredit. Jangan menunda pembayaran kartu kredit, langsung lunasi kartu kredit begitu selesai pembelian.

4. Jual barang-barang yang sudah tidak diperlukan

Setiap orang pasti suka menumpuk benda-benda kesayangan sampai akhirnya hanya menjadi tumpukan ‘sampah’ di gudang. Padahal, kamu bisa kok, menjual barang-barang tadi, misalnya ke online marketplace. Selain gudang dan rumah menjadi lebih rapi, kamu juga mendapat pemasukan. Ingat saran Steve Job yang mengatakan bahwa membuang yang tua dan menggantinya dengan yang baru selalu lebih baik.

5. Siapkan sekoci

Meskipun posisi kamu di perusahaaan tempat kamu bekerja sudah nyaman dan mapan, jangan pernah megesampingkan resiko kamu bakal kehilangan pekerjaan atau pendapatan. Misalnya PHK atau pengurangan gaji/penghasilan,. Segala hak bisa terjadi. Ada baiknya membangun sumber penghasilan baru di luar penghasilan tetap dari kantor, misalnya. Ini bukan berati mengganggu jam kantor. Kamu bisa kok, menjadi freelancer di sela-sela kesibukan kantor. Semakin banyak sumber income, semakin dekat juga kekayaan yag bisa kita raih.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro