Everyone has inside of her a piece of good news. The good news is that you don’t know how great you can be, how much you can love, what you can accomplish, and what your potential is.
Anne Frank

Gampang Capek Saat Olahraga? Ini Penyebabnya

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 25 Agustus 2019 | 17:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Gampang lelah saat berolahraga? Bisa jadi penyebabnya cuma karena kurang tidur. Tapi, bagaimana jika kondisi seperti ini sudah berlangsung lama?

1. Kurang Tidur

Penyebab kurang tidur yang paling banyak adalah karena stres. “Ketika kita kurang tidur, tubuh akan melepas lebih banyak hormon kortisol dan adrenalin. Dua hormon ini merupakan hormon stres yang tetap membuat kita tetap terjaga saat stres,” kata Cynthia Li, MD, ahli penyakit dalam dan penulis buku Brave New Medicine: A Doctor’s Unconventional Path to Healing Her Autoimmune Illness.

Olahraga, khususnya olahraga intens, bisa makin memperparah kondisi. Pasalnya, olahraga intens akan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak hormon kortisol sehingga membuat tubuh tak mampu memperbaiki dirinya sendiri. Sebaiknya, jaga pikiran supaya terhindar dari stres.

Baca juga: Olahraga Untuk Milenial, Ini Pilihannya

2. Tiroid

Masalah lain yang menyedot stamina adalah masalah pada tiroid. Satu dari delapan perempuan mengalami masalah dengan tiroid mereka dalam hidupnya, 60% di antaranya tak tahu mereka punya masalah tiroid.

Hormon tiroid memainkan peran penting dalam hal mengatur metabolisme, proses dimana tubuh mengubah makanan menjadi energi. Jika kadar hormon tiroid terlalu rendah, tubuh pun akan menghasilkan energi yang lebih sedikit. Konsumsi mineral termasuk seng, selenium dan besi, dan iodin bisa membantu. Sumber mineral ada pada telur, ikan, dan garam meja. Juga, cobalah untuk rileks.

| SHUTTERSTOCK
 3. Dehidrasi

Dehidrasi juga bisa menyebabkan kelelahan usai berolaraga. Pasalnya, ketika kita berolahraga, jantung bekerja lebih keras. Jadi, ketika asupan cairan kurang, jantung akan bekerja makin cepat dan keras. Belum lagi cairan yang keluar saat berolahraga, baik dalam bentuk keringat, yang akan membuat tubuh kehilangan elektrolit penting seperti sodium dan potassium. Sebaiknya cukup minum sebelum melakukan olahraga.

4. Terlalu Diforsir

Otot lelah merupakan tanda bahwa tubuh terkuras habis energinya. Memaksa tubuh olahraga berlebihan akan mengakibatkan sel-sel dan jaringan tubuh bisa rusak. Tak cuma fisik, kondisi psikis pun bisa terganggu jika kita overexercise.

Sebaiknya kurangi porsi latihan, baik durasi dan intensitasnya supaya tubuh punya waktu untuk beristirahat. Olahraga paling tidak 2 kali seminggu dengan durasi 30 menit cukup, kok. Jika masih pengin bergerak, lakukan olahraga-olahraga ringan seperti yoga atau jalan kaki mengitari taman kota.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro