We’re here for a reason. I believe that reason is to throw little torches out to lead people through the dark.
Whoopi Goldberg

Suka Tidur Mendengkur? Lakukan 5 Hal Ini

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 10 September 2019 | 16:14 WIB
| SHUTTERSTOCK

Bunyi dengkuran ternyata tak hanya mengganggu orang di sebelah, tetapi juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, salah satunya sleep apnea. Gangguan sleep apnea tak bisa disebut ringan. Penderita tak jarang mengalami henti napas saat tidur yang bisa memicu gangguan kesehatan lain seperti gangguan jantung dan tekanan darah tinggi. Mengubah gaya hidup adalah salah satu cara untuk mengatasi tidur mendengkur, di antaranya dengan melakukan hal-hal berikut ini.

 

1. Mengubah posisi tidur

Posisi tidur tertentu, seperti berbaring terlentang, bisa menyebabkan lidah dan langit-langit mulut menekan bagian belakang tenggorokan sehingga mendengkur. Coba ubah posisi tidur dari terlentang menjadi miring. Untuk menjaga posisi tidur miring, kamu bisa memakai guling.

2. Cukup cairan

Ketika tubuh dehidrasi, mulut dan hidung akan menjadi lengket dengan cairan ludah sehingga memicu mendengkur. Minum cukup air untuk menjaga hidrasi tubuh, tetapi jangan terlalu banyak minum sebelum tidur supaya tidak sering buang air kecil.

Baca juga: Mau Tidur Lelap? Konsumsi 8 Vitamin dan Mineral Ini  

3. Bersihkan alergen

Tungau debu dan alergen lain yang banyak terdapat di kamar tidur (kipas angin, jendela, kasur) bisa membuat kita tidur mendengkur. Rajin-rajin bersihkan kamar tidur supaya bersih dari kuman dan tungau yang bisa menyebabkan mendengkur. Kamar tidur yang bebas  binatang peliharaan, seperti kucing, juga sangat disarankan.

4. Hindari alkohol

Hindari konsumsi alkohol, apalagi jika diminum sebelum tidur. Seperti dijelaskan Mayo Clinic, Ketika otot-otot tenggorokan menjadi terlalu rileks akibat alkohol, sistem pertahanan tubuh untuk mencegah saluran udara tersumbat pun menjadi melemah. Akibatnya tidur jadi mendengkur.

5. Kurangi berat badan

Overweight atau bahkan obesitas, apalagi jika lemak banyak terkumpul di daerah leher dan tenggorokan, bisa juga membuat orang tidur mendengkur. Coba kurangi berat badan supaya lemak yang memicu mendengkur bisa hilang.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro