If everything was perfect, you would never learn and you would never grow.
Beyonce

Pakai Batik ke Kantor, Ini Caranya Biar Tetap Kekinian

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 1 Oktober 2019 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Yuk, rayakan Hari Batik setiap 2 Oktober dengan tampil berbatik ke kantor. Ini triknya supaya kamu bisa tetap terlihat keren dan kekinian.

1.Motif

Masing-masing motif batik menyimpan cerita yang unik dan menarik. Sebelum memakai, sebaiknya sih kamu tahu apa arti motifnya. Bisa membantu membangun mood positif di kantor, lo.

Misalnya, motif batik Megamendung artinya bersabar dan berkepala dingin, motif Parang yang menjadi motif tertua di Pulau Jawa artinya pantang menyerah, motif Truntum melambangkan kesungguhan dan cinta tanpa syarat, sedangkan motif Sogan bermakna kebaikan dan doa.

Baca: Tampil Etnik & Chic ke Kondangan ala Dian Sastro

2.Model Unik

Sekarang sudah banyak lo brand fashion batik yang membuat model-model unik dan kekinian. Misalnya dress, outerwear, kulot, rok, kemeja, bahkan suits.

| SHUTTERSTOCK

3.Pilihan Warna

Tidak suka batik yang warnanya terlalu gelap atau cokelat karena terkesan kuno? Coba gunakan batik Indigo yang warna birunya terlihat elegan atau batik Pekalongan serta batik Pesisir lainnya yang berwarna cerah atau pastel.

Baca: Bebas Kutu dan Apek, Rawat Kain Tradisional Dengan Daun Salam dan Merica

4.Aksesori

Aksesori etnik sederhana bisa membuat outfit batik kamu tampil menonjol, seperti kalung manik, gelang bebatuan, atau belt.  Kuncinya, less is more!

 

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi