There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Cegah Depresi

author
Isna Triyono
Rabu, 16 Oktober 2019 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sebelum Sulli F(x), ada sederet artis Korea yang meninggal akibat depresi dan bunuh diri, seperti Park Yong-Ha, Kim Jong-Hyun, Ahn So-Jin.

Sementara dari Hollywood, selebriti yang ditemukan tewas diduga bunuh diri juga enggak kalah banyak, seperti Robin Williams, Ammy Winehouse, dan Heath Ledger.

Menurut The American Psychiatric Association, 1 dari 6 orang akan mengalami depresi pada suatu saat selama hidup mereka. Walaupun depresi dapat dialami siapa saja tapi biasanya terjadi untuk pertama kalinya ketika seseorang berusia remaja atau awal 20-an.

Baca juga:  Mitos Fakta Seks: Malam Pertama Selalu Berdarah?

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang penyebabnya berbeda pada setiap orang yang mengalami. Namun kamu bisa mencegah depresi dengan cara berikut ini.

1. Bangun Support Sytem yang Kuat

Pastikan kamu punya hubungan yang erat dengan teman dan keluarga. Aktif di kegiatan sosial, lakukan hobi baru dan bertemu orang-orang baru.

Punya support system yang kuat dan kehidupan sosial yang aktif sangat penting bagi kesehatan mental kita dan melindungi dari depresi.

2. Kurangi Waktu Buka Sosial Media

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penggunaan media sosial berkontribusi pada munculnya depresi dan rendahnya harga diri. Kurangi waktu untuk membuka sosial media dan bijaklah ketika menanggapi apa yang kamu lihat di dunia maya.

3. Menulis Jurnal

Tulis apa yang kamu rasakan, pencapaian, dan hal yang kamu syukuri pada sebuah jurnal. Menulis hal-hal positif pada sebuah jurnal dan menuangkan semua yang kamu rasakan bisa memberikan efek menenangkan dan juga percaya diri.

Baca juag: 7 Nutrisi Otak Anak, Ternyata Ikan Kembung Lebih Baik Dari Salmon

4. Tidur Cukup dan Olahraga Teratur

Menurut Nation Sleep Foundation, orang dengan gangguan tidur memiliki risiko sepuluh kali lipta mengalami depresi dibanding dnegan mereka yang tidur nyenyak.

Selain itu, rutinlah melakukan olahraga. Selain menyehatkan fisik, olahraga juga membuat pikiran kamu fresh dan bugar.

5. Biasakan Untuk Curhat

Curhat, entah pada pasangan, sahabatm atau kerabat bisa ‘menghilangkan beban’ di pikiran. Selain itu, curhat juga membuat kamu merasa tidak sendiri dan ada orang yang siap membantu kamu.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono