Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Vagina Longgar? Senam Kegel Bisa Jadi Pilihan

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 18 Oktober 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Selama tidak mengalami kejadian berat, otot vagina sebetulnya tidak akan mudah longgar. Sebetulnya, apa sih, penyebab vagina longgar?

 

Kekenyalan dan kekencangan otot vagina memang sangat mempengaruhi kenikmatan seksual saat berhubungan intim. Oleh karena itu, perempuan kerap gelisah apabila merasa vaginanya mulai longgar. Padahal, selama tidak mengalami kejadian yang berat, vagina tidak akan mudah longgar. Misalnya setelah melahirkan. Namun setelah itu, yakni pada masa nifas, kondisi rahim dan  otot vagina akan kembali seperti semula.

Apa yang menyebabkan vagina longgar? Beberapa kondisi memang dapat membuat proses pengembalian otot vagina tidak dapat optimal, di antaranya melahirkan lebih dari 3 kali, apalagi dengan jarak kelahiran di bawah 2 tahun. Juga melahirkan bayi dengan berat badan di atas 4 kilogram.

Baca juga: Tidur Telanjang Lebih Sehat, Ini Faktanya 

Selain itu, melahirkan bayi dengan ukuran kepala besar, melahirkan dengan alat bantu seperti forsep dan vacum, ditambah kondisi kehamilan juga akan mempengaruhi otot-otot vagina sehingga kondisi otot vagina menjadi relatif longgar meski telah melewati masa nifas.

Tapi tak perlu khawatir. Vagina yang longgar bisa diatasi dengan beberapa treatment, kok. Salah satunya adalah senam Kegel yang dilakukan usai kondisi pulih pasca melahirkan atau 2 minggu setelah operasi sesar. Senam ini dapat membantu mengembalikan kekencangan otot vagina. Senam Kegel juga bisa dilakukan setiap hari dan biasanya akan memberikan hasil setelah 8 hingga 12 minggu.

| SHUTTERSTOCK
Selain senam Kegel, tindakan lain yang bisa dilakukan adalah operasi vaginoplasti. Operasi vaginoplasti intinya bertujuan mendekatkan otot liang vagina hingga membentuk liang seukuran dua jari. Operasi ini bisa memodifikasi otot liang vagina, namun sebaiknya setelah mendapatkan  pertimbangan dan rekomendasi dokter.

Dengan durasi tindakan sekitar 1 jam dan pemulihan semalam, operasi ini dapat mengencangkan kembali otot vagina yang longgar. Jika tidak timbul rasa nyeri lagi, pasien disarankan melakukan latihan Kegel untuk mengoptimalkan pengencangan vagina. Pasien bisa kembali beraktivitas normal setelah pulih, yakni sekitar 3 bulan.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro