Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Fakta: Orangtua Nyetir 1500 Km Per Tahun Untuk Menidurkan Anak

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 18 Oktober 2019 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Nyanyian, elusan, dongeng, atau susu tak ampuh lagi untuk menidurkan si Kecil? Mungkin ia butuh jalan-jalan naik mobil dulu supaya terlelap.

 

Riset yang dilakukan mycar menunjukkan, mayoritas (sekitar 96%0) orangtua Australia harus berkendara sekitar sejam dulu, atau sekitar 30km per minggu, untuk membuat anak terlelap tidur. Itu artinya, setiap tahun mayoritas orangtua Australia harus mengendarai mobil sepanjang 1,500 km hanya untuk menidurkan anaknya!

Konsultan khusus tidur anak, Jo Ryan, seperti dilansir nowtolove.com.au mengatakan, berkendara atau naik mobil adalah metode yang efektif agar anak atau bayi bisa terlelap, terutama jika orangtua tak lagi menemukan cara yang lebih efektif.

Baca juga:  Anak Bosan? Ini Lho, Tips Mengatasinya

“Bagi banyak pengasuh, menidurkan anak termasuk salah satu tantangan terbesar selama masa bayi dan anak-anak,” kata Jo. Setiap bayi dan anak itu berbeda, tetapi berkendara ternyata memiliki dampak yang sama terhadap bayi dan anak. Dengan berkendara, bayi dan anak bisa merasakan gerakan dan ayunan yang sama yang dihasilkan saat mobil melaju. Gerakan mengayun ini menghasilkan efek menenangkan yang membuat anak cepat tidur.

Meskipun metode mengajak anak bermobil supaya tidur ini terbilang efektif, namun Jo memberi saran kepada orangtua agar juga memahami kebutuhan tidur anak sesuai usianya. “Saran saya, ikuti saja jadwal tidur anak. Pastikan kamar tidur nyaman, misalnya dengan mematikan atau meredupkan lampu kamar, kurangi suara bising, dan anak sudah makan,” ujar Jo.

Nah, Bunda, jadi bagaimana? Apakah sudah siap muter-muter kompleks dulu untuk menidurkan si Kecil? Jangan lupa, pastikan anak dalam keadaan aman, ya, Bun..

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro