I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Kapan Harus Ganti Bra dan Underwear?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 30 Oktober 2019 | 18:12 WIB
| SHUTTERSTOCK

Ternyata bra dan underwear kita pun ada masa pakainya. Jangan dipakai jika sudah dalam kondisi seperti berikut ini.

Prinsip ‘kalau belum rusak atau rusak sedikit, masih bisa dipakai’ ternyata enggak sepenuhnya benar. Misalnya pada baju dalaman seperti bra dan underwear. Ternyata keduanya ini memiliki masa pakai tertentu.

Terkadang, karena kelihatan masih bagus kamu tetap memakainya atau karena itu baju dalam favorit kamu. Padahal sebetulnya sudah longgar atau berubah bentuk. Tentu enggak nyaman dipakai, kan.

Baca juga: Bra Mana yang Cocok?

Idealnya, masa pakai bra hanya 1 tahun karena lebih dari itu bra sudah tidak bisa menyangga payudara dengan sempurna. Kamu juga sebaiknya punya 4-5 bra untuk dipakai bergantian, jangan pakai yang itu-itu saja dan terlalu sering dicuci.

Underwear pun demikian, masa pakainya hanya sekitar 1 tahun saja. Lebih dari itu bentuknya sudah berubah atau bahkan bahannya sudah kurang bagus.

Ada beberapa tanda bra dan underwear harus diganti. Apa saja?

1.Saat sudah mengancingkan bra, kamu bisa menyelipkan 2-3 jari pada lingkar dada.

2.Tali bra turun terus dari bahu meskipun kamu sudah mengencangnya berulang kali.

3.Bentuk cup bra atau spons bra sudah berubah sehingga tidak pas menampung payudara.

4.Lingkar karet underwear sudah melar karena elastisitasnya berkurang sehingga berubah bentuk.

5.Bahan sobek atau muncul kotoran yang tidak bisa dihilangkan.

Baca juga: 7 Tanda Salah Memakai Ukuran Bra

6.Setiap memakai bra atau underwear, bagian tubuh terasa perih atau gatal. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya bakteri yang membuat iritasi atau ukuran terlalu sempit.

7.Kamu sering merasa nggak nyaman seharian memakai bra, seperti sering memperbaiki posisinya. Bisa jadi karena bentuk bra sudah tidak nyaman dipakai.

8.Merasa sesak napas dan gerah karena tali bra terlalu ketat meski sudah dikendorkan ke posisi paling besar. Salah satu penyebabnya bisa karena perubahan berat badan.

 

Coba, yuk, perhatikan bra dan underwear kamu, lalu lakukan seleksi agar pakaian dalam lebih nyaman dipakai dan kamu tetap bebas bergerak.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi