I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Nggak Perlu Obat, 8 Tanaman Ini Bikin Kamu Tidur Nyenyak

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 29 Oktober 2019 | 16:20 WIB
Indoor Plant | SHUTTERSTOCK

Buat yang malam susah tidur, trik meletakkan tanaman-tanaman ini di kamar bisa dicoba, lho.

1.Palem

Areca Palm atau palem bukan hanya cantik menghias halaman rumah, tetapi juga bisa membantu kamu tidur pulas. Saat diletakkan di sudut kamar, palem akan mengeluarkan oksigen sehingga udara menjadi lebih bersih. Gangguan pernapasan, seperti asma, alergi, sinusitis, batuk hingga pilek pun mereda.  

2.Lidah Mertua

Nama latinnya Sanseviera. Bentuk daunnya khas seperti pedang yang meruncing ditancapkan ke tanah. Tanaman ini melepaskan banyak oksigen pada siang dan malam hari sehingga udara menjadi bersih dan segar.

Cocok diletakkan di dalam kamar untuk membuat tidur lebih nyenyak, meredakan gangguan pernapasan, dan bangun tidur lebih segar.

Baca juga: 6 Tanaman Indoor Terbaik Untuk Bersihkan Udara

Indoor Plant | SHUTTERSTOCK

3.Lidah Buaya

Pasokan oksigen dari lidah buaya atau Aloe vera dapat membersihkan udara di kamar dan membuat tidur lebih nyenyak.Letakkan pot lidah buaya di dalam kamar dan keluarkan seminggu 2-3 kali untuk disiram dan mendapat sinar matahari.

Baca juga: 9 Keajaiban Aloe Vera Untuk Kulit dan Rambut

4.Sirih Gading

Sirih gading atau Golden photos berkhasiat mengurangi senyawa dan zat-zat beracun penyebab polusi udara. Jika diletakkan di kamar, memberi pasokan oksigen sehingga tubuh lebih rileks.

5.Melati

Aromanya bikin buku kuduk berdiri? Tapi jangan salah, aromanya bisa bikin rileks dan meredakan stres. Jika enggak mau menaruh satu pot, cukup letakkan beberapa kuntum di atas bantal. 

Indoor Plant | SHUTTERSTOCK

6.Lavender

Pernah minum teh bunga lavender atau menggunakan aromaterapi lavender? Bunga ungu ini memang punya aroma yang disukai banyak orang karena berkhasiat meredakan kecemasan dan stres.

Cocok dijadikan tanaman hias yang diletakkan di sudut kamar. Mencium keharumannya membuat tubuh lebih rileks dan tidur pun lebih nyenyak.  

Baca juga: 10 Essential Oil untuk Kecantikan

7.Peace Lily

Bentuk bunganya cantik sekali sebagai penghias ruangan. Selain cantik, mampu menyaring udara dari polutan yang berbahaya bagi tubuh. Peace lily juga menjaga kelembapan udara di sekelilingnya sehingga kamu enggak perlu air humidifier.

Cocok diletakkan di tempat teduh, seperti kamar atau ruang keluarga. Keluarkan seminggu sekali untuk mendapat sinar matahari.

8.Gardenia

Kacapiring atau gardenia mengandung zat valium dan polifenol yang berfungsi sebagai penenang. Kamu pun bisa tidur lebih nyenyak dan bangun pagi lebih segar.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi