Don’t compromise yourself. You are all you’ve got. There is no yesterday, no tomorrow, it’s all the same day.
Janis Joplin

Sering Lelah? Bisa Jadi Kekurangan Vitamin D

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 27 November 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Sering merasa lelah tanpa sebab? Bisa jadi penyebabnya karena tubuh kekurangan Vitamin D.

 

Tak seperti vitamin lain, Vitamin D lebih seperti hormon bagi tubuh kita. Begitu jumlahnya kurang, maka berbagai sistem di tubuh akan terganggu. Ada 5 jenis Vitamin D, yang paling penting adalah Vitamin D3. Vitamin D bisa diperoleh dari makanan, sinar matahari, dan suplemen. Yang paling banyak memberikan Vitamin D bagi tubuh manusia adalah paparan sinar matahari.

Perempuan hamil dan ibu menyusui, orang yang jarang terpapar sinar matahari, serta mereka yang memiliki tone warna kulit gelap lebih beresiko mengalami kekurangan Vitamin D. Penelitian baru-baru ini menunjukkan adanya hubungan antara kekurangan Vitamin D dengan buruknya kesehatan mental.

Salah satunya adalah Seasonal Affective Disorder (SAD), yakni salah satu jenis depresi yang muncul setiap tahun. Hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Affective Disorders menunjukkan bahwa perempuan ternyata lebih beresiko mengalami SAD dibandingkan pria.

Gejala lain kekurangan Vitamin D adalah rambut yang menipis, serta nyeri pada punggung bawah dan otot-otot tubuh. Selain itu, ada beberapa gejala lain, seperti: 

Baca juga: Kebutuhan Vitamin Perempuan Berbeda Dengan Laki-Laki

1. Sering Sakit

Jika kamu selalu merasa tubuh tidak sehat, lesu, disertai demam dan flu, bisa jadi penyebabnya adalah kekurangan Vitamin D. Vitamin D membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh karena interaksinya dengan sel-sel pelawan infeksi.

2. Sering Merasa  Lelah

Jika kamu seorang yang sangat aktif dan suka melakukan aktivitas fisik, lelah pasti bukan sesuatu yang patut dicurigai. Tetapi jika kelelahan yang muncul tidak beralasan, bisa jadi penyebabnya adalah kekurangan Vitamin D. Riset dari The University of Newcastle menunjukkan hubungan antara kekurangan Vitamin D dan kekurangan energi.

| SHUTTERSTOCK
3. Sakit Tulang

Ya, tulang yang sering terasa nyeri bisa jadi merupakan gejala kekurangan Vitamin D. Seperti diketahui, Vitamin D membantu menyerap kalsium sehingga ketika tubuh kekurangan Vitamin D, aktivitas organ tubuh akan terganggu dan terasa tak nyaman.

4. Nyeri Otot

Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) adalah rasa sakit yang muncul beberapa saat setelah seseorang melakukan olahraga atau melakukan latihan fisik. Nah, jika kamu terus-terusan merasakan DOMS, bisa menjadi tubuh kamu kekurangan Vitamin D.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro