For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Tips Staycation Sekitar Jakarta yang Anti-Gagal

author
Isna Triyono
Sabtu, 21 Desember 2019 | 14:00 WIB
|

 

Jatah cuti sudah habis atau finansial kurang mendukung untuk liburan akhir tahun ke luar kota? Kamu bisa lakukan staycation.

Meski enggak bisa liburan keluar kota, kamu masih bisa tetap menikmati liburan akhir tahun dengan staycation kok.

Seperti namanya, stay (tetap) vacation (liburan) artinya liburan singkat, liburan di dalam kota, atau menginap di hotel.

Meski staycation liburan singkat, tapi enggak akan kalah seru dengan liburan keluar kota lho.

Nah, supaya staycation kamu tetap seru, asyik, dan anti-gagal, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Tips Gunakan Jalan Tol Layang Jakarta – Cikampek

1. Harus Santai

Jika liburan panjang atau keluar kota kamu harus punya rencana yang matang, mulai dari akomodasi hingga itinerary, staycation bisa sedikit longgar dalam hal perencanaan.

Kamu tetap perlu rencananya tapi semua dilakukan jangan buru-buru dan harus santai. Misalnya kamu enggak harus menjalani semua sesuai itinerary. Kami bisa skip mengunjungi suatu tempat karena hanya ingin leyeh-leyeh di kamar hotel.

Yang penting santai dan menikmati suasana.

2. Fasilitas Hiburan

Jika memutuskan untuk staycation di hotel atau apartemen, pastikan yang memiliki fasilitas hiburan agar kamu tidak bosan. Misalnya, selain punya kolam renang (ini seperti fasilitas wajib jika ingin staycation), harus dicek juga fasilitas lainnya seperti layanan spa atau restoran.

3. Sesuai Budget

Saat high season seperti akhir tahun, biasanya hotel akan memasang tariff spesial yang lebih mahal. Oleh karena itu, pilih yang sesuai budget agar kamu tidak tekor. Untuk mendapat harga yang ekonomis, kamu harus rajin mencari harga promo dari berbagai aplikasi liburan.

Baca juga: Ide Liburan Akhir Tahu, Seru dan Ramah di Kantong

4. Pilih Travelmate yang Menyenangkan

Kamu bisa ajak teman-teman satu genk untuk staycation bersama. Biasanya semakin banyak orang, suasana akan semakin ramai. Selain itu, kamu juga bisa sharing biaya selama staycation dan itu membuat budget yang dikeluarkan lebih murah.

5. Bawa Obat Pribadi

Meski hanya staycation, enggak ada salahnya untuk tetap menyiapkan keadaan yang tidak diinginkan. Sebaiknya kamu tetap membawa obat-obatan pribadi. Hal kecil ini biasanya yang sering diabaikan tapi bisa rusak acara staycation jika tiba-tiba kamu sakit dan masih harus mencari apotek.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono