Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Gampang Lapar? Yuk, Ngemil Buah dan Sayur Minim Kalori

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 30 Desember 2019 | 12:00 WIB
Buah-buahan | Shutterstock

Meski minim kalori, buah dan sayuran berikut ini tetap kaya vitamin, mineral serta serat yang bermanfaat bagi kesehatan. Cocok buat camilan sehat saat kamu mendadak lapar.

1.Jeruk

Jeruk hanya mengandung 47 kalori per 100 gram. Jeruk kaya vitamin C yang dapat menghaluskan kulit, membantu melawan flu, mencegah sembelit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2.Semangka

Memiliki 30 kalori dalam 100 gram. Namun kaya air, serat, serta vitamin antioksidan yang bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga tubuh dari dehidrasi.

3. Seledri

Batang seledri, terlebih seledri impor, mengandung banyak air dan hanya mengandung 16 kalori dalam 100 gram. Untuk menambah energi, boleh juga dimakan dengan cocolan selai kacang murni.

4. Mentimun

Dalam 100 gram mentimun mengandung 16 kalori. Kadar airnya bisa melindungi tubuh dari dehidrasi dan menjaga kelembapan kulit.

Baca juga: Yuk, Redakan Migrain Dengan 7 Obat Alami Ini

5.Asparagus

Asparagus mengandung 93% air dan sangat rendah kalori. Kaya magnesium, vitamin B6, C, K, dan E, kalsium, seng, protein, serat makanan, besi, dan kalium.

6. Wortel

Wortel kaya betakaroten, menormalkan kadar gula darah, dan bersifat anti-inflamasi. Kandungan kalorinya hanya 40 kalori per 100 gram.

7.Paprika Merah

Selain kaya vitamin C, paprika merah Cuma mengandung 31 kalori per 100 gram. Dicemil langsung atau dicampur zukini dan wortel sebagai salad dengan dressing olive oil juga enak.

8.Stroberi

Yuk bikin sorbet stroberi yang bisa jadi penyelamat kamu saat lapar datang tiba-tiba. Kabar baiknya, dalam 10 gram stroberi hanya mengandung 33 kalori.

Selain itu, stroberi mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Selamat ngemil sehat!

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi