I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Coba Masker Spirulina, Ganggang Hijau Biru yang Bisa Cerahkan Kulit

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 18 Januari 2020 | 12:00 WIB
Kandungan nutrisi masker spirulina bisa mencerahkan kulit wajah. | SHUTTERSTOCK

Masker berwarna hijau kebiruan ini punya banyak manfaat bagi kecantikan, termasuk mencerahkan kulit wajah.

Spirulina dikenal sebagai superfood yang sejak tahun lalu booming di pasaran. Nggak heran banyak brand kesehatan dan kecantikan mengeluarkan produk berbahan spirulina karena memang spirulina bisa dikonsumsi dan digunakan sebagai bahan skincare.

SPIRULINA ITU APA?

Spirulina termasuk salah satu spesies cyanobacteria, tanaman ganggang berpigmen hijau kebiruan yang tumbuh di perairan tropis dan subtropis juga danau air tawar yang memiliki kandungan garam tinggi.

Dalam 7 gram bubuk spirulina kering mengandung protein, thiamin, riboflavin, niacin, tembaga, zat besi, magnesium, kalium, dan nutrisi lainnya. Spirulina memiliki aroma khas ganggang yang dihasilkan dari kandungan polisakarida dan gamma linolenic acid.

Nah, salah satu produk kecantikan berbahan spirulina yang laris di pasaran adalah masker wajah. Bahan utamanya tentu si ganggang hijau kebiruan. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat masker spirulina dipercaya bisa mengatasi berbagai gangguan kulit wajah.

Baca juga: Resep Masker Kayu Manis Ini Bikin Bibir Lebih Penuh dan Seksi

 

APA SAJA MANFAAT MASKER SPIRULINA?

1.Cerahkan Kulit

Kandungan klorofilnya mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit kusam dan kasar. Vitamin antioksidannya membuat kulit wajah lebih cerah.

2.Hilangkan Keriput

Vitamin antioksidan pada maker spirulina juga bisa mengatasi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis-garis halus, noda-noda hitam, hingga keriput.

3.Detoks Kulit

Kandungan spirulina melancarkan metabolisme tubuh sehingga racun-racun dan kotoran yang menumpuk pada kulit bisa terbuang. Efeknya, kulit wajah lebih bersih dan terlihat glowing. Jerawat dan komedo pun bisa teratasi karena spirulina bersifat antibakteri.

4.Kulit Lebih Kenyal

Antioksidan juga membuat kulit kamu lebih lembap, tekstur yang halus, serta kulit lebih elastis. Kamu pun terlihat lebih awet muda.

Kamu bisa mencoba menggunakan masker spirulina 1-2 minggu sekali. Biasanya dijual dalam bentuk bubuk, kapsul atau tablet yang bisa dicampur air secukupnya. Oles masker dan tunggu 15 menit hingga kering baru dibilas dengan air hangat.

Jangan lupa bersihkan wajah dulu sebelum dioles masker, ya. Dan setelah masker dibersihkan, gunakan pelembap wajah harian agar kulit tidak kering. Jika masih ragu, coba lakukan tes pada kulit tangan. Jika terasa gatal, perih, iritasi atau terbakar, jangan lanjutkan pemakaian.

Baca juga: Bikin Sendiri, Masker Tepung Beras Untuk Wajah Lebih Cerah

 

SPIRULINA BISA BERACUN?

Pernah mendengar berita orang yang mengalami keracunan setelah mengonsumsi suplemen spirulina? Atau mengalami iritasi hebat pada kulitnya setelah memakai skincare berbahan spirulina?

Ternyata memang ada beberapa spesies spirulina yang bisa memproduksi racun atau terkontaminasi zat beracun, misalnya logam berat, yang berbahaya bagi tubuh.  Efeknya jika dikonsumsi bisa mengakibatkan mual, muntah, detak jantung tidak beraturan, dehidrasi, bahkan kerusakan organ hati.

Oleh karena itu, sebelum memakai produk berbahan spirulina, baik berupa suplemen makanan maupun skincare, cek keamanannya apakah sudah terdaftar di BPOM RI. Belilah di tempat-tempat terpercaya dari brand yang jelas. Jadilah konsumen yang bijak dan cerdas.

 

Tertarik? Weekend ini dicoba seru juga!

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi