It needs to be said and heard: it’s OK to be who you are.
Hailee Steinfeld

Poni Bebas Lepek, Sontek 5 Triknya!  

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 11 Februari 2020 | 17:23 WIB
Camila Cabelo/Pinterest |

 

 

Dengan rambut berponi wajah terlihat awet muda, segar, dan nggak flat. Tapi bagaimana merawatnya agar bebas lepek?

A woman who cuts her hair is about to change her life! Nah, buat kamu yang lagi galau mau potong rambut atau nggak, coba ingat-ingat petuah desainer kondang Coco Chanel ini.

Untuk tampilan baru yang lebih muda dan segar, kamu bisa coba membingkai wajah dengan potongan rambut berponi. Sudah banyak, kok, contohnya. Tengok saja Taylor Swift, Camila Cabello, atau Ariana Grande.

Keuntungan lain potongan rambut poni adalah wajah memiliki kesan effortless yang natural. Bahkan poni jadi simbol kecantikan perempuan Jepang dan Korea Selatan, lho, karena membuat wajah kelihatan innocent dan imut.

 

Baca juga: Dari Ngantor Sampai Traveling, Tiru Outfit & Angle Foto Blogger Sasyachi Yang Korea Banget!

 

Meski banyak kelebihan, jangan sembarangan memotong poni. Sesuaikan model poni dengan karakter dan bentuk wajah kamu.

Selain itu, poni tetap harus dirawat agar bebas lepek dan wajah terlihat segar. Apa saja trik perawatannya?

 

1.Pilihan Model Poni

Konsultasikan pada hairdresser langganan, mana model poni yang cocok buat karakter dan bentuk wajah kamu. Kalau perlu bawa beberapa rekomendasi gambar.

Misalnya, model curtain bang yang ngetop di era 90-an sebaiknya dilayer menyambung dengan rambut agar terlihat membingkai wajah.

Model blunt bang, yaitu poni tebal, lurus, dan rata cocok buat wajah dengan dahi lebar atau wajah panjang dengan dagu lancip. Atau, arched bang si poni tebal melengkung yang bikin rahang si wajah persegi lebih soft.

Kalau favorit banyak perempuan adalah side-swept bang yang tidak terlalu penuh dan menyamping ke salah satu sisi wajah. Bikin tampilan manis dan cocok buat semua bentuk wajah.

Kreasi rambut bob | SHUTTERSTOCK

 

Baca juga: 6 Model Poni, Mana yang Sesuai Wajahmu?

 

2.Trim Poni

Jangan hanya rambut bagian bawah yang rutin di-trim. Poni pun sebaiknya ditrim sebulan sekali agar bentuknya tetap rapi dan panjangnya sama.

 

Rutin trim poni agar bentuknya tetap bagus. | SHUTTERSTOCK

 

3.Cuci Poni Tiap Hari

Nggak sempat cuci rambut setiap hari? Tapi coba, deh, sempatkan mencuci poni setiap hari dengan sampo berformulasi ringan agar tidak lepek. Poni bersih juga mengurangi risiko jerawat di dahi, lho.

 

4.Dry Shampoo

Saat kepepet poni super lepek, semprotkan dry shampoo dengan jarak sekitar 20cm, lalu ratakan dan rapikan poni dengan jari.

 

Baca juga: Cara Pakai Dry Shampoo yang Tepat Agar Rambut Bebas Lepek

Dry shampoo | SHUTTERSTOCK

 

5.Bedak Bayi

Saat nggak sempat mencuci poni dan nggak punya dry shampoo, siasati poni lepek dengan membubuhkan bedak bayi. Formula bedak bayi ternyata mampu menyerap kelembapan sehingga poni terasa lebih bersih dan ringan.

 

Mudah, kan? Yuk, coba!

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi