Entah akan berkarier atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu.
Dian Sastrowardoyo

5 Buah Ini Dianggap Bikin Batuk, Faktanya…

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 10 Februari 2020 | 12:00 WIB
Beberapa jenis buah dianggap memicu bantuk, benarkah? | SHUTTERSTOCK

Jangan makan rambutan, nanti bisa batuk! Demikian pula duku, nanas, anggur, dan kelengkeng. Sebelum percaya, baca dulu, deh, fakta berikut ini.  

 

1.Rambutan

Rambutan | SHUTTERSTOCK

Kandungan gula pada rambutan dianggap bisa menimbulkan radang tenggorokan dan batuk. Kenyataannya, belum terbukti secara ilmiah bahwa rambutan bikin batuk. Reaksi pada setiap orang pun bisa berbeda.

Kecuali pada orang yang memang sedang menderita batuk, mengonsumsi rambutan bisa merangsang produksi lendir pada tenggorokan. Jadi saat tidak batuk, aman-aman saja mengonsumsi rambutan. Justru dalam 100 gram rambutan mengandung 58 mg vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh.

 

Baca juga:  Gampang Lapar? Yuk, Ngemil Buah dan Sayur Minim Kalori

 

2.Kelengkeng

Kelengkeng | SHUTTERSTOCK

Faktanya, kelengkeng justru kaya antibiotik dan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, termasuk yang bisa memicu batuk. Selain itu kelengkeng juga meningkatkan imunitas, menenangkan saraf serta menambah darah.

Tentu saja, hindari mengonsumsinya secara berlebihan karena rasa manisnya pada sebagian orang bisa memicu panas dalam.

 

3.Duku

Duku | SHUTTERSTOCK

Duku, terutama getahnya, dianggap dapat menstimulus rasa gatal pada tenggorokan sehingga memicu batuk. Faktanya, duku adalah sumber antioksidan alami polifenol yang baik untuk daya tahan tubuh.

Untuk mengurangi getah pada duku, setelah dikupas bisa dicuci dengan air hangat terlebih dahulu.

 

Baca juga:  6 Buah Dan Sayuran Yang Bikin Awet Muda

 

4.Anggur

Anggur | SHUTTERSTOCK

Ada yang bilang kulit anggur bikin batuk, ada juga yang berpendapat bijinya yang bikin batuk.

Faktanya, kulit dan biji anggur justru mengandung antioksidan yang tinggi bisa membersihkan paru-paru dari lendir. Jadi jangan lagi buang kulit dan biji anggur, ya!

 

5.Nanas

Nanas | SHUTTERSTOCK

Getah dan sisa kulit nanas dipercaya bikin tenggorokan gatal dan iritasi pada mulut. Memang ada benarnya, sehingga sebaiknya kupas nanas benar-benar bersih dari kulit dan cuci dengan air garam.

Baca juga: Ketahui 6 Kebaikan Nanas Untuk Kesehatan

Daging buah nanas justru kaya vitamin C, vitamin B, serta enzim bromelain yang berfungsi sebagai antiradang, antibakteri, dan antivirus. Dengan banyak kelebihannya itu, nanas bisa meredakan batuk, melegakan saluran pernapasan, mengencerkan dahak. Coba, deh, bikin segelas jus nanas yang dicampur satu sendok makan madu dan jahe.  

 

Nah, sudah tahu kan faktanya. Yang jelas, konsumsi buah-buahan tersebut tanpa berlebihan agar manfaatnya optimal bagi tubuh.

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi