Entah akan berkarier atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu.
Dian Sastrowardoyo

Mengenal Fenugreek, Booster ASI Hingga Libido

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 2 Februari 2020 | 12:00 WIB
Fenugreek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. | SHUTTERSTOCK

Kenalan, yuk, dengan tanaman herbal fenugreek atau klabat yang ampuh jadi booster ASI, meningkatkan imunitas, menurunkan berat badan, mendongkrak libido, dan masih banyak manfaat lainnya.

Pernah mendengar nama fenugreek? Klabat? Keduanya ternyata sama, Bunda. Fenugreek atau klabat kini populer sebagai booster ASI.

Ternyata selain itu fenugreek punya banyak manfaat kesehatan yang sudah dimanfaatkan orang-orang zaman dulu sejak beratus tahun lampau.

Fenugreek yang bernama latin Trigonella foenum-graecum termasuk tanaman herbal keluarga Fabaceae, dan banyak ditemui di daerah Timur Tengah dan Asia Selatan. Di Indonesia fenugreek lebih dikenal dengan nama klabat.

Biji dan daun fenugreek mengandung beragam zat yang berkhasiat bagi kesehatan, yaitu makronutrisi, vitamin B kompleks termasuk asam folat, lemak tak jenuh ganda, saponin, kolin, serta mineral seperti kalsium, potasium, fosfor, zat besi, dan sebagainya.

Yuk, ketahui lebih lengkap apa saja manfaat fenugreek bagi kesehatan!

1.Booster ASI

Seperti daun katuk atau bayam, fenugreek bisa menjadi booster ASI alami. Kandungan zat galactagogues-nya menstimuli produksi ASI.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), fenugreek baik dikonsumsi untuk meningkatkan produksi ASI. Dalam sebuah penelitian terhadap sekelompok ibu menyusui, fenugreek terbukti bisa meningkatkan ASI.

Fenugreek kini banyak dijual dalam bentuk suplemen kapsul, kaplet, teh herbal, atau bubuk.

Baca juga: 5 Kesalahan Menyimpan ASI Perah yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

ASI melimpah dengan suplemen fenugreek. | SHUTTERSTOCK

2.Menurunkan Berat Badan

Kandungan fenugreek bisa mengontrol nafsu makan sehingga terhindar dari berat badan berlebih.

3.Meningkatkan Libido

Ekstrak fenugreek bermanfaat meningkatkan libido atau gairah seks perempuan dan laki-laki, meningkatkan testosteron serta mengatasi impotensi.

Baca juga:5 Makanan “Pembunuh” Libido Pria

4.Mempercantik Kulit dan Rambut

Kandungan antioksidan pada fenugreek berguna bagi kesehatan kulit, seperti mengatasi jerawat serta tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, keriput, garis-garis halus.

Buat kamu yang bermasalah dengan rambut rontok, kusam, bahkan berketombe, kandungan mineral serta vitamin dalam fenugreek bisa mengatasinya. Rambut pun lebih kuat, bebas ketombe, dan bercahaya.

5.Memperkecil Risiko Kanker

Kandungan saponin dalam fenugreek bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar.

6.Menjaga Kesehatan Otak

Antioksidan fenugreek mengurangi risiko penyumbatan pada saraf otak. Rutin mengonsumsi fenugreek bisa mencegah penyakit otak, seperti alzheimer, parkinson, kanker otak.

 

Menarik dicoba, nih, Bunda!

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi