Some women choose to follow men, and some women choose to follow their dreams. If you’re wondering which way to go, remember that your career will never wake up and tell you that it doesn’t love you anymore.
Lady Gaga

Sop Ayam Bisa Redakan Flu? Ini 4 Faktanya!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 19 Maret 2020 | 15:27 WIB
Sup | SHUTTERSTOCK

Semangkuk sop ayam hangat dipercaya bisa meredakan gejala flu, seperti hidung mampet, bersin-bersin, kepala pusing, dan demam.

Saat flu menyerang tubuh sulit untuk diajak beraktivitas seperti biasanya. Badan meriang karena demam, kepala terasa berat, hidung mampet, mata berair, bersin-bersin dan sebagainya.

Selain istirahat cukup, disarankan menyantap makanan bergizi dan cukup minum air putih selama flu. Nah, salah satu makanan andalan saat flu adalah sop ayam. Kuahnya yang segar dan hangat dipercaya ampuh meredakan flu.

Hal tersebut bukan cuma mitos, lho. Faktanya, kandungan bahan-bahan yang ada di dalam sop ayam memang bisa meredakan flu.

 

1.Daging Ayam Rebus

Daging ayam rebus kaya senyawa carnosine yang membantu memperkuat kekebalan tubuh, termasuk untuk melawan virus flu.

Kandungan protein daging ayam cukup tinggi, ditambah dengan vitamin B6, kalsium, kondroitin serta glukosamin. Semua nutrisi tersebut bisa mempercepat proses pemulihan sel-sel tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, serta mengatasi nyeri akibat demam flu.

 

Baca juga: Sop Ayam Antiflu, Cara Enak Menjaga Tubuh Dari Virus Flu

 

2.Kuah Kaldu

Cairan atau kuah kaldu sangat mudah ditelan ketika tenggorokan sedang sakit. Kuah kaldu juga bermanfaat untuk menghidrasi tubuh yang lemah akibat flu. Gelatin dan kolagennya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu ternyata kuah kaldu hangat juga membantu mencairkan lendir yang menyumbat di sepanjang saluran pernapasan. Dokter Anil Ballani dari Hinduja Hospital menjelaskan sup ayam bisa menghambat pergerakan neutrofil (tipe sel darah putih)  di saluran pernapasan sehingga bisa mengurangi sumbatan lendir.

 

Baca juga: Ketahui Perbedaan Flu Biasa dan Virus Corona

 

3.Rempah-rempah

Merica, bawang putih, kapulaga, biji pala, jahe serta cengkih yang diaduk menjadi satu dengan kuah kaldu dan daging ayam selain memberikan aroma segar ternyata juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Butiran merica yang terasa pedas bersifat antimikroba yang melawan kuman di pencernaan, meredakan sakit kepala serta sesak napas. Jahe bersifat antibakteri dan antiinflamasi. Sedangkan biji pala bisa melancarkan peredaran darah, mengatasi mual dan susah tidur.

 

Baca juga: 7 Bahan Dapur Obati Flu, Radang Sendi Hingga Sakit Kepala

 

4.Sayuran

Selain menyedapkan, potongan seledri, daun bawang, wortel serta kacang polong kaya vitamin, mineral, serat serta antioksidan yang memperkuat imunitas.  

 

Jadi saat gejala flu datang jangan langsung mengonsumsi obat-obatan. Cobalah menyantap sop ayam hangat, banyak minum air putih, dan cukup istirahat.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi