The age of a woman doesn’t mean a thing. The best tunes are played on the oldest fiddles.
Ralph Waldo Emerson

8 Camilan Enak Ini Aman Dikonsumsi Malam

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 20 Maret 2020 | 15:30 WIB
Pilih camilan sehat di malam hari. | SHUTTERSTOCK

 

 

Perut terasa lapar padahal waktu makan malam sudah lewat. Hm, ngemil apa, ya, yang aman dikonsumsi malam hari tanpa takut berat badan naik?

Malam hari adalah waktu untuk tubuh beristirahat. Namun ada kalanya kita terjaga hingga larut karena harus mengerjakan tugas kantor atau mengurus anak yang sakit.

Di saat seperti itu, tubuh tentunya butuh energi lebih agar bisa tetap fokus. Jadi biasanya meski sudah makan malam, mulut masih tetap ingin ngemil.

Ngemil di malam hari boleh-boleh saja jika memang kondisi tubuh memerlukan energi tambahan. Namun pastikan camilannya sehat agar kalorinya tidak berlebihan dan membuat berat badan naik. Sebab pada malam hari metabolisme tubuh kita melambat.

Apa saja camilan yang aman dikonsumsi malam hari?

 

1.Popcorn

Popcorn | SHUTTERSTOCK

Popcorn mengandung karbohidrat kompleks yang berasal dari jagung, serta rendah kalori dan lemak. Kandungan seratnya tinggi sehingga baik untuk kesehatan pencernaan.

Pilih popcorn tanpa tambahan perasa seperti karamel atau mentega, agar nggak bikin badan melar. Tapi kamu boleh, kok, menambahkan sedikit olesan minyak zaitun.

 

2.Roti Gandum dan Selai Kacang

Roti gandum dan selai kacang. | SHUTTERSTOCK

Roti gandum selai kacang bisa jadi pilihan jika kamu mau camilan malam yang agak berat namun tetap sehat. Roti gandum kaya serat, karbohidrat kompleks, serta asam amino esensial yang membuat tubuh lebih relaks.

Isi setangkup roti gandum dengan selai kacang tanpa tambahan gula. Selai kacang baik bagi kesehatan karena kaya asam lemak tak jenuh.

 

3.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya nutrisi dan serat sehingga cepat mengenyangkan. Pilih kacang rendah kalori, seperti almond, walnut, dan kacang tanah yang diolah bukan dengan cara digoreng.

Dalam 100 gram almond dan kacang tanah hanya mengandung sekitar 500 kalori, sedangkan walnut sekitar 600 kalori. Kacang-kacangan juga kaya asam lemak omega 3, vitamin E, dan protein yang baik untuk perbaikan sel-sel tubuh.

 

Baca juga: Almond dan Kenari, Mana yang Lebih Sehat?

 

4.Pisang

Pisang, alternatif camilan malam yang aman bagi berat badan. | SHUTTERSTOCK

Kandungan magnesium dan potassium pada pisang membuat tubuh lebih rileks namun tetap fokus. Satu buah pisang ukuran sedang bisa jadi pilihan camilan sehat sekaligus mengenyangkan.

 

5.Agar-agar

Banyak orang dalam program penurunan berat badan memilih agar-agar sebagai salah satu camilan sehat. Nggak heran demikian karena kandungan kalori agar-agar sangat rendah, sementara seratnya sangat tinggi. Namun hindari pemakaian gula berlebihan atau topping manis lainnya.

Di malam hari, lebih baik konsumsi agar-agar plain dengan topping potongan buah segar atau vla susu rendah lemak.

 

Baca juga: Dessert Dijamin Spesial dengan Resep Puding Leci Selasih Ini

 

6.Jeruk

Rasa segar jeruk cocok untuk menghindari rasa kantuk saat kamu harus terjaga di malam hari. Selain itu, kandungan vitamin C-nya tinggi dan kalorinya rendah. Sekitar 85% kandungan jeruk berupa air sehingga bisa menghindari tubuh dari dehidrasi yang bikin otak sulit fokus.

 

7.Sayuran Tinggi Air

Salad sayuran | SHUTTERSTOCK

Disarankan memilih sayuran yang tinggi kadar air dan serat agar rasa kenyang lebih tahan lama, misalnya mentimun, selada, dan tomat yang dibuat salad segar dengan dressing olive oil. Atau, semangkuk brokoli dan wortel rebus juga enak, kok!

 

8.Dark Chocolate

Dark chocolate | SHUTTERSTOCK

Pengin ngemil cokelat? Pilih saja dark chocolate murni. Berbeda dari jenis cokelat lainnya, dark chocolate murni cukup aman dicamil malam hari.

Dark chocolate kaya antioksidan, rendah gula, serta tinggi serat yang baik untuk pencernaan dan cukup mengenyangkan tanpa khawatir menambah berat badan.

 

Nah, kalau kamu pilih camilan yang mana? Apapun pilihannya, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Bisa jadi segelas air putih hangat justru membuat tubuh segar dan perut kenyang.

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi