Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Usir Kulit Kering Saat Berpuasa Dengan Virgin Coconut Oil

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 24 April 2020 | 12:00 WIB
Virgin Coconut Oil | SHUTTERSTOCK

 

Virgin Coconut Oil (VCO) telah lama dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, mulai dari menjaga kelembapan kulit, mengusir jerawat, hingga mencegah penuaan dini. Cocok, nih, untuk menjaga kesehatan kulit selama bulan Ramadan.

VCO memiliki kualitas lebih dibanding minyak kelapa biasa. VCO didapat langsung dari daging kelapa yang diekstraksi tanpa proses pemanasan, penyulingan, hingga pemutihan, sehingga kandungan nutrisinya terjaga.

VCO di antaranya mengandung vitamin E, vitamin K, dan zat besi. Selain itu kandungan  asam laurat, asam kaprat, dan kaprilat bersifat antioksidan dan antimikroba.

Dengan sederet kelebihannya tersebut, tak heran VCO dipercaya memiliki ragam khasiat kesehatan, di antaranya sebagai berikut:

 

1.Pelembap Alami

Saat berpuasa, kulit wajah dan tubuh cenderung lebih kering. Apalagi jika kita tidak menghidrasi tubuh dengan baik. 

Jagalah kelembapan alami kulit dengan mengasup bahan makanan kaya air, serat, dan vitamin di waktu sahur dan berbuka puasa.

Selain itu, oleskan VCO setiap hari pada wajah dan kulit tubuh yang kering. Kandungan vitamin E yang tinggi berfungsi sebagai pelembap alami yang menghindari kulit dari kekeringan.

 

Baca juga: 3 Tips Memilih Pelembap Untuk Kulit Berminyak dan Acne Prone

 

2.Mengatasi Jerawat

Cairan VCO yang bersifat antimikroba dan antijamur ampuh mengatasi bakteri dan kuman penyebab jerawat pada wajah, dada, dan punggung.

Oleskan langsung pada permukaan jerawat dua kali sehari untuk mengurangi peradangan.

 

Baca juga: Atasi Jerawat di Dada Dengan 7 Bahan Alami Ini

 

| SHUTTERSTOCK

 

3.Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Sendi

Kandungan antioksidan VCO yang tinggi mengatasi peradangan pada permukaan kulit hingga persendian.  Oleskan VCO pada bagian tubuh yang mengalami radang sendiri, lalu pijat perlahan-lahan.

Selain itu, VCO juga mencegah pengeroposan tulang dan meningkatkan volume tulang.

 

4.Menurunkan Berat Badan

Kandungan asam lemak pada VCO aktif meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Ini sebabnya mengonsumsi VCO setiap hari bisa membantu menurunkan berat badan.

 

Baca juga: 6 Ciri Minyak Kelapa yang Baik Untuk Perawatan Rambut dan Kulit

 

5.Turunkan Risiko Penyakit Jantung

VCO mengandung lemak jenuh alami tinggi yang membantu mengubah kolesterol jahat (LDL) menjadi kolesterol baik (HDL), sehingga kesehatan jantung lebih terjaga.

 

6.Cegah Penuaan Dini

VCO berguna sebagai anti-aging yang mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti keriput, garis-garis halus, dan kerutan.

Pijat-pijat kulit wajah dan tubuh dengan beberapa tetes VCO secara rutin dan rasakan kulit menjadi lebih lembap dan elastis.

 

Menarik dicoba!

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi