Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Atasi Jerawat di Dada Dengan 7 Bahan Alami Ini

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 27 Juni 2019 | 18:00 WIB
Jerawat dada | SHUTTERSTOCK

Enggak pede memakai baju berkerah rendah karena bintik-bintik merah alias jerawat di dada bertebaran. Kamu bisa mencoba bahan alami ini.

Jerawat tidak hanya betah di area wajah. Di area tertutup yang relatif lembap seperti dada pun jerawat bisa muncul. Selain bikin kamu enggak pede memakai baju berkerah rendah, rasa gatal akibat jerawat di dada bikin tangan enggak tahan untuk menggaruk.

Jerawat di dada disebabkan oleh kelebihan produksi sebum yang menyumbat pori-pori atau infeksi bakteri di folikel rambut yang memicu munculnya jerawat. Terlebih, area dada memiliki sangat banyak kelenjar yang memproduksi sebum.

Kamu bisa mengatasi jerawat di dada dengan beberapa bahan alami yang dengan mudah dapat ditemukan di rumah, di antaranya 7 bahan berikut ini.

1.Aloe Vera

Dikenal sebagai agen anti jerawat karena sifat anti-inflamasi, antiseptic serta analgesik.Oleskan gel aloe vera secukupnya pada jerawat di dada. Diamkan hingga gel diserap dengan baik. Cara ini aman dilakukan setiap hari.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Skincare Aloe Vera Gel yang Aman di Kulit?

2.Lemon

Sifat asam lemon mengatasi pori-pori yang tersumbat. Kandungan vitamin C lemon efektif mengatasi inflamasi. Potong buah lemon menjadi beberapa bagian. Gosok perlahan pada jerawat. Diamkan selama 2 jam lalu bilas. Lakukan 1-2 kali seminggu.

3.Cuka Apel

Antioksidan dan antibakteri-nya melawan jerawat dan menyeimbangkan pH kulit. Campur 1 sendok teh cuka apel dan 2 sendok teh air matang. Oles pada kulit yang berjerawat menggunakan kapas bulat. Diamkan 30 menit, bilas hingga bersih.

4.Kunyit

Kunyit kaya antioksidan, anti-inflamasi dan antibakteri. Campur 1 sendok teh bubuk kunyit dan beberapa tetes air mawar. Oleskan pada jerawat dan diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Air mawar sebagai astringent yang membantu mengecilkan pori-pori untuk mengontrol produksi sebum.

Kunyit | SHUTTERSTOCK

5.Tea Tree Oil

Berfungsi sebagai antiseptic dan antibacterial yang membantu menyembuhkan jerawat di dada. Campur 2-3 tetes tea tree oil dengan carrier oil seperti minyak kelapa murni sekitar 1 sendok teh. Oles pada jerawat 5-10 menit, bilas dengan air hangat.

6.Kayu manis

Campuran kayu manis dan madu ampuh melawan jerawat. Caranya, campur ½ sendok teh bubuk kayu manis dan ½ sendok the madu. Oles pada bagian jerawat dan diamkan hingga mengering. Bilas hingga bersih.

Baca juga: Warna Kulit Wajah Tak Merata, Coba Masker Kayu Manis

7.Pepaya

Buah sederhana ini punya enzim papain yang bersifat antifungal dan antibakteri. Haluskan 2-3 potong pepaya. Gosok perlahan pada bagian yang berjerawat. Diamkan 15 menit lalu bilas hingga bersih.

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi