Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

7 Cara Ringankan Keluhan Eksim Pada Anak di Rumah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 10 Juni 2020 | 17:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Meski tidak menular dan sulit disembuhkan secara total, Bunda dapat meringankan gejala eksim atau dermatitis atopik yang membuat anak tidak nyaman.

Saat eksim menyerang tentu buah hati Bunda menjadi tidak nyaman. Apalagi di malam hari saat peradangan eksim terasa gatal dan nyeri, si Kecil jadi sulit tidur dan rewel terus.

Itulah sebabnya meski tidak bisa disembuhkan secara total, sebaiknya kita mencegah eksim serta meringankan gejalanya jika eksim terlanjur kambuh. Jika tidak ditangani dengan baik, eksim bisa memicu reaksi peradangan dan infeksi.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan Bunda di rumah untuk mencegah dan meringankan gejala eksim:

 

1.Hindari Faktor Pencetus

Seafood | SHUTTERSTOCK

Menurut Prof. DR. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) pada situs IDAI, prinsip pengobatan eksim adalah menghindari faktor pencetusnya, mengatasi rasa gatal dan kulit kering, serta mengatasi reaksi peradangan dan infeksi.

Jadi sebaiknya Bunda mencari tahu apa saja makanan atau minuman, zat, tekstur bahan, atau kondisi sehari-hari yang menyebabkan eksim si Kecil kambuh.

Misalnya, apakah setiap anak memakai pakaian berbahan wol atau sintetis, ruam muncul. Atau mungkin setelah ia mengonsumsi susu atau seafood. Catat, perhatikan tanda-tandanya, dan hindari.

 

Baca juga: Alergi Susu Sapi dan Intoleransi Laktosa Pada Anak, Apa Bedanya?

 

2.Sarung Tangan dan Gunting Kuku

| SHUTTERSTOCK

Saat eksim kambuh, rasanya sangat gatal sehingga anak ingin terus menggaruk atau menggesek-geseknya. Sebisa mungkin tahan keinginan ini karena bisa memperburuk peradangan dan menimbulkan infeksi.

Alihkan perhatian anak dengan mengajaknya bermain. Pada bayi, Bunda bisa memakaikan sarung tangan sementara. Jangan lupa untuk selalu menggunting kuku anak.

 

Baca juga: Jika Jari Bayi Terluka Saat Dipotong Kukunya

 

3.Rutin Gunakan Pelembap

| SHUTTERSTOCK

Eksim lebih berisiko pada jenis kulit yang kering. Gunakanlah pelembap 1-2 kali sehari setelah mandi untuk mempertahankan kelembapan kulit. Minta rekomendasi pelembap yang sesuai pada dokter.

 

4.Kompres Air Dingin

Redakan rasa gatal dengan mengompresnya. Gunakan handuk lembut yang telah direndam air dingin.

 

5.Pakaian Lembut

Menurut IDAI anak yang menderita eksim lebih peka terhadap bahan iritan, seperti pakaian bertekstur kasar, renda, bahan wol atau bahan sintetis seperti poliester dan nilon.

Gunakan pakaian berbahan halus dan menyerap keringat agar kulit terhindar dari iritasi.

 

6.Pasang Humidifier

 

Alat ini bisa membantu menjaga kelembapan udara pada ruangan. Bunda bisa meletakkannya pada kamar anak. Pastikan memilih humidifier berkualitas dan rutin membersihkannya.

 

Baca juga: Sama-sama Bersihkan Udara di Rumah, Apa Beda Air Purifier dan Air Humidifier?

 

7.Mandi Air Suam Kuku

| SHUTTERSTOCK

Air suam-suam kuku bisa mempertahankan kelembapan alami kulit. Hindari mandi dengan air yang terlalu hangat atau panas.

Batasi waktu mandi anak sekitar 10 menit saja. Dan, pilih sabun dengan kandungan ringan dan lembut, tanpa parfum atau pewarna.

 

Yuk, dicoba di rumah untuk meringankan keluhan eksim pada si Kecil.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi