I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Penantian Panjang Zaskia Sungkar Miliki Buah Hati

author
Editor Kanya
Sabtu, 10 Oktober 2020 | 11:00 WIB
Zaskia Sungkar | IG @zaskiasungkar15

 
Tidak semua pasangan bisa langsung mendapat kebahagiaan dikaruniai buah hati setelah menikah. Beberapa ada yang harus menunggu bahkan hingga tahunan untuk mendapatkan anak. Salah satunya pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah.
 
Pasangan yang menikah 15 Januari 2011 ini harus menunggu hingga hampir 10 tahun untuk mendapatkan kabar bahagia kehamilan Zaskia.
 
Dalam video yang dibagikan di channel Youtube The Sungkar Family itu, Zaskia bahkan sampai gemetaran ketika melakukan test pack sendiri di rumahnya. Begitu melihat muncul tanda dua garis merah, ia dan Irwansyah pun berpelukan dengan penuh rasa haru.
 
Dibandingkan Dengan Shireen
 
Di awal pernikahan, Zaskia dan Irwansyah memang sempat sepakat untuk menunda kehamilan. Waktu pacaran mereka yang tergolong singkat, membuat keduanya ingin menikmati masa pacaran setelah menikah.
 
Namun tak terasa, usia pernikahan mereka sudah semakin bertambah. Pertanyaan-pertanyaan soal kapan hamil pun sudah sering mampir pada pasangan ini. Dalam wawancara dengan Raffi Ahmad di channel Youtube RANS Entertainment, Zaskia bahkan mengaku sempat kesal dan enek mendengar pertanyaan seputar kehamilan dan buah hati.
 
Apalagi banyak yang membanding-bandingkan dirinya dengan sang adik, Shireen Sungkar yang sudah memiliki 3 orang anak. Zaskia juga sering menangis diam-diam di belakang Irwansyah memikirkan soal itu.
 
“Gue itu tipikal gengsi nangis depan orang, jadi gue nangisnya sendiri enggak depan suami," ungkap Zaskia.
 
Usaha Zaskia dan Irwansyah untuk memiliki anak semakin kuat setelah melihat ketiga keponakannya dari Shireen dan Tengku Wisnu beranjak besar. Apalagi Zaskia juga ikut merawat ketiga keponakannya itu, Adam, Hawwa, dan Cut Shafiyyah. Naluri keibuannya muncul dan semakin kuat.
 
 
Zaskia Sungkar | IG @Zaskiasungkar15
 
Menangis di Depan Dokter
 
Salah satu usaha Zaskia dan Irwan memiliki anak adalah dengan jalan bayi tabung. Zaskia mulai serius menjalani program bayi tabung Desember 2019 di Jakarta.
 
Sebelumnya, ia sempat mencoba menjalani program bayi tabung di Belanda. Alasannya, selain karena dekat dengan sang Bunda, Fanny Bauty yang kini menetap di sana, biaya yang dibutuhkan juga lebih murah.
 
Sayangnya, ia harus menunggu antrian hingga 3 bulan. “Kemaren IVF diluar dan ribet, apa2 by email untuk appointment setiap bolak balik ke RS hhe gak ringkes. Walaupun ada mama di sana yg MasyaAllah selalu standby dampingin tapi kebiasaan disini kali ya.. Pokoknya Untuk service di Indonesia TOP hhe,” tulis Zaskia di akun Instagramnya.
 
Proses menjalani bayi tabung di Indonesia tak semulus harapan Zaskia. Ia baru tahu mengidap polip rahim dan harus melakukan operasi untuk mengangkat polipnya tadi. Jika tidak dioperasi dan diangkat, polip pada rahimnya ini akan menganggu ketika menjalani proses transfer embrio.
 
Saat itu, Zaskia pun mengaku pasrah namun tetap tak putus asa untuk terus berusaha melakukan bayi tabung. 
 
“Aku sampai nangis di depan dokter karena menurut aku ini, tuh, panjang banget prosesnya. Aku sampai tanya dokter ‘emang yang lain kalau program kaya gini juga, Dok?'” cerita Zaskia di akun Youtube The Sungkar Family.
 
 
Berulang Kali Lempar Test Pack
 
Beragam rintangan dan usaha yang harus dijalani demi mendapat momongan membuat Zaskia terkadang merasa lelah.
 
"Selama hampir 10 tahun aku test pack dan aku lempar alatnya karena enggak pernah lihat ada dua garis. Sampai aku janji dalam diri aku, gue enggak mau test pack lagi,” cerita sahabat Laudya Cynthia Bella ini.
 
Beruntung Zaskia mendapat dukungan yang besar dan tak pernah putus dari suami, keluarga, dan juga para sahabatnya. Shireen, bahkan yang paling rajin untuk mengingatkan Zaskia agar tak patah semangat untuk mendapatkan buah hati.
 
 
Usai melakukan serangkaian proses bayi tabung, tiba saatnya Zaskia menjalani transfer embrio. Setelahnya ia melakukan test pack sendiri di rumah. “Aku gemeteran gaes,” kata Zaskia yang memvideokan proses tersebut.
 
"Waktu itu test packnya aku taro di meja dan pas ngintip kok garis merahnya ada dua, tapi tipis. Ini alatnya yang rusak atau gimana?" ujarnya lagi. 
 
Beruntung, tak lama dari pihak klinik menelepon dan memberitahu hasil pemeriksaan darah sudah keluar dan ia dinyatakan hamil.
 
 
“Bahagia banget setelah 10 tahun (pernikahan). Happy banget, yah, akhirnya setelah perjuangan panjang, aku bersyukur hamil,” ujar Zaskia yang berbagi kabar gembira ini 5 September lalu melalui akun instagram pribadinya. 
 
Zaskia Sungkar | IG @Zaskiasungkar15
 
Calon Bayi Laki-Laki?
 
Layaknya perempuan yang sedang hamil muda, Zaskia pun mengalami mual dan pusing. Dalam beberapa vlog-nya di Youtube, Zaskia menyebut morning sickness-nya cukup parah. 
“Biasanya mual cuma sebentar di pagi hari, kalau aku mualnya lama banget (tidak hanya di pagi hari),” kata Zaskia yang mengaku bersyukur Irwansyah sangat sabar menghadapinya. Zaskia pun mengaku tetap senang dan menikmati kehamilannya ini. 
 
 
Soal jenis kelamin bayinya, meski ia belum mengumumkan secara resmi, namun banyak yang menduga calon anak pertama Zaskia dan Irwansyah adalah laki-laki. Dalam Instastory-nya, Zaskia sempat meminta izin pada Adam, anak laki-laki Shireen untuk untuk memakai nama Adam bagi calon anaknya nanti.
 
“Jadi boleh, ya, nama anak Mami Kia Adam? Jadi Adam ganti nama,” kata Zaskia yang sengaja memvideokan semua proses usahanya untuk menjalani bayi tabung. 
 
“Aku dan irwan mutusin untuk meng abadikan semua moment yang insyaAllah akan kita share semua, aku yakin diluar sana banyak sekali yang sedang berjuang dan punya cerita ber beda - beda, semoga pengalaman kita ini bisa kasih temen2 smua semangat dan bermanfaat. kalian gak sendiri ! apapun hasilnya yakin takdir Allah yang terbaik,” tulis Zaskia dalam caption di akun Instagramnya.
 
Buat kamu pejuang garis dua, yuk, tetap semangat!

 

 
Penulis Editor Kanya
Editor Ratih Sukma Pertiwi