Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Kenali 11 Kandungan Berbahaya dalam Skincare Berikut Ini

author
Ruth Sinambela
Selasa, 21 September 2021 | 17:32 WIB
Wajib cek kandungan skincare sebelum pakai | Shutterstock

 

Tahukah Bunda, kalau kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh kita? Selain besar, kulit juga memiliki fungsi vital sebagai pelindung tulang, otot, ligamen, dan saraf. Jadi, mulai paham kan, kenapa kita wajib merawat dan menjaga kesehatan kulit?

Sudah banyak dokter dan ‘beauty enthusiast’ di sosial media yang memaparkan berbagai cara menjaga kesehatan kulit. Salah satunya adalah dengan memakai produk perawatan seperti tabir surya (sun screen), lotion tubuh, dll.

Faktanya, sebanyak 60% produk yang dioleskan di atas kulit akan terserap, dan tidak hanya memberi efek di bagian luar. Nah, sudahkah Bunda aware dengan kandungan di dalam produk-produk tersebut? Sembarangan memakai krim atau lotion yang akan diserap kulit, tentu saja dapat menimbulkan bahaya. Tidak hanya untuk kulit, tapi untuk organ dalam tubuh lainnya.

Berikut ini adalah 11 kandungan berbahaya yang masih dapat kita temui di skincare. Sebaiknya, Bunda selalu melihat kemasan skincare sebelum membeli dan memakainya. Jika salah satu dari 10 kandungan ini ada di dalamnya, lebih baik cari merk lain yang lebih aman, deh!

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Pori-pori Wajah Membesar

 

Kenali zat kimia yang tidak baik untuk kulit | Shutterstock

 

1. Parabens (Metil, Butil, Etil, Propil)

Selalu ada hampir di setiap produk pelembab kulit dan deodorant. Kenapa berbahaya? Karena kandungan ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, Bun! Sekarang sudah banyak kok produk skincare lainnya yang bebas paraben.

2. Hydroquinone

Kandungan ini banyak dipakai pada skincare karena terbukti dapat mencerahkan kulit. Sejak tahun 1982 hydroquinone sudah banyak digunakan pada pembersih wajah dan serum, namun kemudian ditarik karena dalam jumlah tinggi terbukti mengandung kontaminan seperti merkuri yang dapat menyebabkan kulit terbakar, kering, terkelupas, iritasi, dan alergi.

3. Sodium Lauryl Sulfate (SLS) & Sodium Laureth Sulfate (SLES)

90% produk perawatan tubuh yang berbusa seperti sabun dan shampoo menggunakan bahan ini. Secara umum, SLS dan SLES adalah kandungan deterjen sehingga saat dipakai akan menimbulkan busa. Tapi, kalau jadi krim atau lotion yang dioles ke wajah, hindari kedua kandungan ini ya Bun. Karena bisa membuat kulit jadi sangat kering!

4. Mineral oil

Produk petroleum ini dapat menyumbat pori-pori. Berbahaya, Bun! Karena dapat mengganggu aktivitas kulit membuang atau mengeluarkan racun. Ujung-ujungnya, bisa bikin jerawatan!

5. Aluminium

Kalau beli deodorant antiperspirant, mungkin Bunda akan melihat kandngan yang satu ini tercatat dalam kemasan. Segera cari alternatif merk ya Bun, karena aluminium di dalam skincare itu beracun dan dapat menimbulkan efek seperti estrogen yang mengganggu fungsi sistem endokrin.

Baca juga: 7 Makanan Kaya Kolagen Bikin Kulit Kencang dan Glowing

 

Salah pilih skincare dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit dan tubuh | Shutterstock

 

6. DMDM Hydantoin & UREA (Imidazolidinyl)

Kandungan formaldehyde dapat menyebabkan nyeri sendi, alergi kulit, sakit kepala, dan kesulitan tidur. Duh, kalau lihat kandungan ini di kemasan skincare, langsung cancel aja Bun!

7. DEA (diethanolamine), MEA (Monoethanolamine), dan TEA (triethanolamine)

Ciri-ciri kandungan ini adalah baunya yang seperti ammonia. Menurut penelitian, bahan kimia ini dapat menyebabkan alergi, dan yang paling parah adalah memicu kanker.

8. PEG (Polyethylene glycol)

Awalnya, zat kimia ini dipakai untuk mengentalkan produk skincare. Tapi, bahayanya adalah, bahan ini justru dapat mengubah dan mengurangi kelembapan alami kulit, sehingga, sebaiknya dihindari.

9. Phthalates 

Hati-hati ya Bun, dengan bahan kimia yang satu ini. Phthalates tidak sepantasnya ada pada skincare, karena merupakan bahan kimia yang digunakan untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan plastik. Serem banget!

10. Siloksan

Bahan lain yang namanya diakhiri dengan “-siloxane” atau “-methicone” juga wajib dihindari! Meski fungsinya dapat melembutkan dan melembapkan, bahan ini nyatanya mengganggu endokrin dan reproduksi tubuh.

11. Propylene Glycol (PG) dan Butylene Glycol

Kandungan ini dapat menyebabkan iritasi, menyumbat pori-pori, dan menyebabkan jerawat. Meski begitu, masih banyak skincare yang menggunakannya karena dipercaya mampu melembapkan kulit kering.

Itu dia 10 kandungan atau zat kimia pada skincare yang memiliki bahaya, dan sebaiknya dihindari. Selalu cek kandungan pada kemasan skincare yang dipakai ya, Bun!

 

Baca juga: Seberapa Banyak Harus Mengoles Skincare?

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela