When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

7 Makanan Kaya Kolagen Bikin Kulit Kencang dan Glowing

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 5 Mei 2020 | 17:00 WIB
Kulit elastis dan glowing dengan asupan berkolagen. | SHUTTERSTOCK

 

Jangan hanya rajin pakai skincare, konsumsi juga makanan kaya kolagen yang bisa bikin kulit terlihat kencang dan glowing.

Kolagen merupakan protein yang terdapat dalam tubuh serta berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, menjaga kesehatan sendi dan tulang, serta melindungi organ-organ dalam tubuh.

Seiring bertambah usia kemampuan tubuh memproduksi kolagen semakin berkurang.

Saat produksi kolagen berkurang, kulit semakin tidak elastis dan kusam. Alhasil, kulit terlihat kendur dan tanda-tanda penuaan mudah muncul, seperti kerutan, garis-garis halus, hingga keriput.

Salah satu cara untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh adalah dengan mengasup makanan-makanan tertentu yang mengandung zat-zat yang menstimuli kolagen, seperti vitamin A, vitamin C, protein, serta mineral seperti zinc, selenium, dan tembaga.

 

1.Ikan

Salmon | SHUTTERSTOCK

Tinggi protein dan vitamin A yang menjadi zat penstimuli kolagen dalam tubuh. Pilihlah ikan tuna, makarel, sarden, salmon, atau ikan cod.

 

Baca juga:  Baik Untuk Bumil, 5 Jenis Ikan yang Murah dan Rendah Merkuri

 

2.Sayuran Hijau

Bayam Bening Ikan Dori | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Bayam, brokoli, kale, dan sayuran hijau lainnya juga bisa merangsang produksi kolagen dalam tubuh karena mengandung vitamin C, vitamin A, serta mineral.

 

3.Tomat

Tomat | SHUTTERSTOCK

Tomat kaya vitamin dan mineral yang berguna untuk meningkatan metabolisme tubuh.

Selain itu tomat kaya Alpha-hydroxy Acids (AHA), sejenis asam alami yang membantu meningkatkan produksi kolagen dengan cara menghancurkan serat kolagen lama dan membentuk yang baru.

 

Baca juga: Wajah Cerah Bebas Noda Dengan Masker Tomat

 

4.Jeruk

Jeruk kaya vitamin C | SHUTTERSTOCK

Vitamin C dalam jeruk baik untuk kesehatan kulit, termasuk melindungi dari radikal bebas penyebab penuaan dini.

 

Baca juga: Hati-hati Overdosis Vitamin C!

 

5.Delima

Delima | SHUTTERSTOCK

Buah delima sarat vitamin dan antosianin yang memberikan pigmen warna dan memicu produksi kolagen.

 

6.Kacang Merah

Kacang Merah | SHUTTERSTOCK

Kandungan protein nabati yang tinggi berfungsi sebagai zat peningkat kolagen. Dibanding kacang kedelai atau kacang tanah, kacang merah juga lebih kaya antioksidan karena warnanya lebih gelap.

 

7.Seafood

Seafood | SHUTTERSTOCK

Protein pada seafood yang kita konsumsi diubah menjadi asam amino dalam tubuh. Kemudian asam amino membantu membentuk jaringan tubuh dan kolagen.

 

Ternyata tidak sulit, kan, meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh. Demi kulit tetap terlihat sehat, kencang, dan glowing, yuk, perhatikan asupan kolagen kamu!

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi