It needs to be said and heard: it’s OK to be who you are.
Hailee Steinfeld

Hati-Hati, Nggak Semua Bisa Masuk Blender, Seperti 7 Bahan Makanan Ini

author
Marti
Senin, 4 Mei 2020 | 12:47 WIB
Nggak semua bahan makanan bisa masuk blender. | SHUTTERSTOCK

 

Siapa yang hobi banget memasukkan segala bahan makanan ke dalam blender? Hati-hati, nggak semua bisa masuk blender, seperti 7 bahan makanan ini.

 

Meski blender diciptakan dengan segala kepraktisannya, tapi bukan berarti bisa dipakai untuk memblender semua bahan makanan. Risikonya nggak cuma blender jadi rusak, makanan jadi nggak sesuai harapan, dan juga bisa bahaya buat pemakai. Simak bahan-bahan apa aja yang sebaiknya tidak diblender.

 

1. Cairan Panas

Ingin bikin sup puree yang teksturnya halus? Tentu aja pakai blender akan lebih praktis. Tapi ingat tunggu sampai sup hangat atau dingin untuk memblendernya. Memblender sup panas akan memerangkap uap dan menciptakan tekanan. Alhadil, tutup blender bisa melompat dan sup berantakan.

 

2. Buah-Buahan Kering

Tekstur buah-buahan kering yang kenyal dan cenderung keras bisa melekat pada pisau blender dan merusaknya. Kalau memungkinkan, rendam dulu buah-buahan kering supaya teksturnya lebih lembut.

Buah kering bisa melekat di dasar sumbu pisau blender. | SHUTTERSTOCK

 

3. Biji Kopi

Pertama, tekstur biji kopi yang keras lama-lama akan merusak pisau blender. Kedua, hasil blenderan juga akan menciptakan butiran kopi yang nggak seragam. Pakai penggiling kopi khusus supaya hasilnya maksimal.

 

4. Bumbu Utuh Yang Keras

Biji pala utuh, misalnya, teksturnya keras dan bisa merusak pisau blender. Gunakan blender khusus bumbu yang pisaunya sudah didesain khusus. Tidak cuma itu, struktur gelas blender yang tinggi bisa bikin partikel halus bumbu melayang di udara dalam waktu lama. Jangan heran kamu akan gampang bersin-bersin sehabis memblender merica.

 

5. Mashed Potato

Sekilas, kayaknya nggak ada masalah memblender kentang untuk bikin mashed potato alias kentang tumbuk. Tapi gerakan pisau blender yang berlebihan akan membuat kentang cepat mengeluarkan sari patinya. Alhasil, mashed potato pun jadi lengket.

 

6. Makanan Yang Super Beku

Ice cube atau potongan buah beku memang akan jadi segar kalau dibuat smoothies. Tapi kalau langsung diblender begitu keluar dari kulkas, bisa bikin pisau blender patah. Es atau buah beku juga nggak akan hancur maksimal. Jadi, tunggu dulu 5-10 menit setelah keluar dari kulkas, baru blender. Atau hancurkan dulu esnya jadi serpihan kecil.

 

7. Alat Dapur

Cuma buat pengingat aja sih, soalnya kadang kita menyalakan blender saat masih ada sendok atau pengaduk di dalam gelas. Selain bisa merusak blender, pastinya bisa berbahaya, Cookiners!

 

Yuk, bikin blender tahan lama dengan tidak memblender bahan-bahan di atas.


 

Simak juga:

Baru Mulai Sering Memasak? Kenali 5 Metode Menggoreng Yang Kamu Wajib Tahu

Stir-frying dengan wajan wok yang khas dalam masakan China. | SHUTTERSTOCK

Gagal Bikin Kopi Dalgona? Mungkin 5 Hal Ini Sebabnya

Jangan mau gagal lagi bikin kopi Dalgona. | SHUTTERSTOCK

Pengin Ajak Si Kecil Ikutan Sibuk Di Dapur? Baca Dulu 5 Tips Ini

Penting melibatkan pendapat si kecil untuk bikin keputusan. | SHUTTERSTOCK

Penulis Marti
Editor Marti