Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Gagal Bikin Kopi Dalgona? Mungkin 5 Hal Ini Sebabnya

author
Marti
Minggu, 12 April 2020 | 13:30 WIB
Sedikit bahan, bikinnya mudah, tapi harus sabar. | SHUTTERSTOCK

 

Nggak mau ketinggalan bikin kopi Dalgona yang lagi viral? Tapi sudah dicoba berkali-kali, kok, gagal terus? Hmmm, mungkin 5 hal di bawah ini yang jadi penyebabnya!

 

Kamu termasuk yang penasaran pengin bikin kopi Dalgona yang viral itu? Kalau belum kunjung sukses, bisa jadi kamu melakukan satu atau lebih hal-hal di bawah ini. Selesai baca tulisan ini, jangan sampai gagal lagi ya bikin Dalgona Coffee-nya!

 

1. Kopinya Nggak Tepat

Di resep asli Dalgona Coffee, kopinya adalah jenis instan yang bentuknya granule alias bulatan-bulatan kecil. Bentuk granule ini membantu kopi jadi cepat mengembang saat dikocok. Setelah diseduh, kopi granule juga nggak menyisakan ampas. Yang ada adalah kopi yang pekat.

Salah satu benrtuk kopi granule atau granulated coffee. | SHUTTERSTOCK

Kalau kamu pakai kopi bubuk biasa, bisa dipastikan kopi Dalgona kamu nggak akan mengembang (selain menyisakan ampas ya). Begitu juga kalau kamu pakai kopi instan 3 in 1 misalnya. Soalnya, kopi-kopi instan ini mengandung bahan lain selain kopi di dalamnya.

 

2. Gulanya Kurang

Pengin mengurangi gula supaya kopi Dalgona kamu nggak terlalu manis? Nggak ada yang melarang. Tapi saat membuat adonan kopi untuk dikocok, sebaiknya jumlah gulanya sesuai resep. Soalnya, ini menentukan kopi akan mengembang atau nggak.

Nah, kalau kamu ingin mengurangi rasa manisnya, bisa diakali dengan cara menuang setengah atau sepertiga saja hasil kocokan kamu ke dalam susu. Jadi satu resep bisa dibuat untuk 2-3 gelas kopi Dalgona yang nggak manis. Hemat kan?

 

3. Nggak Pakai Pengaduk Yang Tepat

Untuk bisa mengembang jadi fluffy dan creamy, kopi Dalgona harus diaduk. Mixer dan whisk adalah dua alat yang memberikan hasil paling bagus. Di bawahnya ada frother dan immersion blender Tapi kalau kamu nggak punya empat alat di atas, masih bisa pakai sendok, sih. Ada yang sukses, tapi nggak sedikit juga yang gagal.

Whisk manual, salah satu alat bikin Dalgona Coffee | SHUTTERSTOCK

 

Baca juga: Dalgona Hingga Latte, Cari Tahu Kandungan Kalori Kopi Kesukaanmu

 

4. Kebanyakan Air

Sering terjadi, ketika mengaduk, adonan kopi nggak kunjung naik/mengembang. Kita pun jadi berinisiatif menambah-nambah bahan. Nah, kalau yang ditambah air dan jumlahnya terlalu banyak, maka fixed kalau kopi kamu nggak bakal mengembang.

 

5. Berhenti Mengaduk Sebelum Waktunya

Salah satu tantangan bikin kopi Dalgona ini adalah durasi mengaduk yang lumayan lama. Mau pakai mixer, blender atau frother, butuh waktu yang lumayan bikin pegal. Jadi, jangan berhenti mengaduk sebelum mengembang (dengan asumsi komposisi sudah benar ya). Kalau perlu setel timer supaya kamu tahu berapa lama lagi kamu harus mengaduk.

 

Tuh, kan, cuma orang-orang yang sabar yang bisa bikin kopi Dalgona. 

 

 

Simak juga:

Pengin Ajak Si Kecil Ikutan Sibuk Di Dapur? Baca Dulu 5 Tips Ini

Penting melibatkan pendapat si kecil untuk bikin keputusan. | SHUTTERSTOCK

Jangan Makan Makanan Kalengan Kalau Ada Tanda-Tanda Ini

Cara simpan pengaruhi ketahanan makanan kaleng. | SHUTTERSTOCK

Kebanyakan Ngemil Selama Kerja Di Rumah? Ini Cara Mengantisipasinya!

Asyik kerja di sofa, tapi nggak usah sambil makan lebih baik. | SHUTTERSTOCK

Penulis Marti
Editor Marti