We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Kebanyakan Ngemil Selama Kerja Di Rumah? Ini Cara Mengantisipasinya!

author
Marti
Senin, 30 Maret 2020 | 17:54 WIB
Asyik kerja di sofa, tapi nggak usah sambil makan lebih baik. | SHUTTERSTOCK

 

Baru kerja sebentar, pengin ngemil. Apalagi kulkas cuma beberapa langkah jauhnya. Ini dia risiko kerja di rumah. Coba beberapa tips ini, yuk, untuk mengantisipasinya.

 

Biar tetap sehat dan jauh dari virus COVID-19, makan sehat dengan gizi seimbang, itu pasti. Tapi semua orang pasti setuju kalau godaan di rumah sangat banyak, apalagi soal makanan. Ini 5 kunci yang bisa kamu praktekkan supaya pola makan kamu tetap sehat selama #DiRumahAja.

 

1. Hidrasi Cukup

Sadar, nggak, saat tinggal di rumah dan nggak terlalu aktif, kita jadi nggak gampang haus? Nah, ini yang bisa bikin kita kurang minum. Ingat, pastikan kamu tetap minum dua liter air sehari ya. Kalau bosan minum air putih, bisa bikin infused water, tapi kurangi minuman manis dan bersoda.

Nggak haus bukan alasan nggak minum. | SHUTTERSTOCK
 

2. Makan Di Meja Makan

Siapa yang udah mulai pewe makan sambil leyeh-leyeh di sofa, di tempat tidur atau malah sambil lihat layar laptop? Coba dikurang-kurangi, ya. Makan selain di meja makan, apalagi sambil melakukan hal lain bisa bikin kamu nggak fokus dan makan lebih dari yang kamu butuhkan tanpa kamu sadari.

Siapa yang kerja di rumah dengan setting makan seperti ini? | SHUTTERSTOCK

 

3. Kurangi Makanan Jenis Ini

Kerja sampai rebahan memang paling asyik ditemenin camilan. Tapi perhatikan baik-baik stok camilan yang kamu punya di rumah. Hindari yang banyak mengandung lemak jenuh, gula dan garam. Selain nggak memberikan kontribusi nutrisi, malah bisa jadi menumpuk lemak di tubuh.

 

4. Makan Sesuai Jadwal

Bolak-balik dapur, kulkas atau lemari snack bikin kita tergoda ngemil di segala waktu. Makanya, perlu bikin jadwal makan seperti kita di kantor, yaitu ngemil di pukul 10, makan siang di pukul 12.30 dan ngemil sore di pukul 4. Di luar itu cuma boleh minum aja, dong!

Ancaman ngemil tak terbatas kalau kerja di rumah. | SHUTTERSTOCK

 

5. Jangan Lupa Bakar Kalori

Makanan yang kita asup bisa jadi melebihi kalori harian yang kita butuhkan saat cuma diam di rumah. Usahakan bergerak minimal 30 menit tiap harinya.

Kalori kamu kebanyakan karena cuma stay di rumah? Bakar, dong! | SHUTTERSTOCK

 

Dari yang gampang seperti naik turun tangga (kalau ada), lihat video olahraga di Youtube, ikutan kelas olahraga online/live streaming sampai olahraga dengan alat (kalau punya). Bisa juga janjian dengan teman-teman untuk olahraga online bareng, dari yoga, dance, dance, pilates sampai pound fit.

 

Kalau lakukan 5 tips di atas, pasti deh pola makan kamu selama WFH bakal tetap sehat!

 

Baca juga:

Cara Belanja Aman Di Supermarket Supaya Terhindar Dari Virus Corona

Cara aman belanja di supermarker supaya terhindar dari virus corona. | SHUTTERSTOCK

Jahe Merah dan Jahe Putih, Apa Bedanya?

Jahe Merah | SHUTTERSTOCK

Penulis Marti
Editor Marti