Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Cara Belanja Aman Di Supermarket Supaya Terhindar Dari Virus Corona

author
Marti
Rabu, 11 Maret 2020 | 11:26 WIB
Cara aman belanja di supermarker supaya terhindar dari virus corona. | SHUTTERSTOCK

 

Sulitnya menghindari kerumunan saat berbelanja di supermarket. Tapi di tengah risiko serangan virus corona, kita perlu lebih strategis, nih. Ini tips belanja aman di supermarket supaya terhindar dari virus corona.

 

Virus corona membuat kita harus menghindari sebisa mungkina banyak spot kerumunan. Sayangnya supermaket termasuk salah satu spot kerumunan yang sulit dihindari. Nah, bagaimana supaya aman dari risiko tertular virus corona saat berbelanja di supermarket?

 

1. Hindari Jam Padat

Hindari jam-jam padat orang umumnya berbelanja. Supermarket biasanya akan lebih sepi menjelang tutup atau justru pagi hari saat baru buka. Yang penting, siapkan daftar belanja supaya tidak buang-buang waktu. Semakin sedikit waktu kamu habiskan di supermaket juga lebih baik, lho.

 

2. Menyentuh Barang Seperlunya

Saat memilih barang/makanan/bahan makanan, kita biasanya banyak memegang. Lakukan saja seperlunya. Memang belum ada bukti kasus kalau virus corona bisa berpindah dari makanan/kemasan makanan di supermarket. Tapi skenario terburuk, barang/makanan/bahan makanan itu terekspos orang yang flu.

 

Jangan terlalu banyak menyentuh saat memilih makanan/bahan makanan. | SHUTTERSTOCK

 

3. Gunakan Hand Sanitizer

Tapi kalau memang menyentuh (banyak barang) nggak bisa dihindari, langsung bersihkan tangan. Kalau tangan terlihat jelas kotor, bersihkan dengan air dan sabun. Kalau terlihat bersih, bisa cukup bersihkan tangan dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol.

 

Hand sanitizer seharusnya tersedia juga di supermarket untuk digunakan kapan pun. | SHUTTERSTOCK

 

4. Hindari Menyentuh Mulut, Hidung dan Mata

Setiap saat, hindari menyentuh mulut, hidung dan mata. Ini terutama saat kamu merasa tangan kotor tapi kamu belum bisa/sempat membersihkan. Dari tiga spot inilah virus bisa masuk kalau tangan kamu sudah terekspos virus.

 

5. Tutupi Mulut Saat Bersin

Pertama, pastinya hindari ke supermarket kalau kamu sedang flu. Tapi bersin bisa datang tak terduga. Kalau kamu merasa tiba-tiba akan bersin, tutup dengan tisu atau tutup dengan siku tangan yang dilipat. Segera buang tisu ke dalam tempat sampah tertutup.

 

Sneezing into elbow, salah satu aturan bersin universal. | SHUTTERSTOCK

 

6. Jaga Jarak Aman

Saat kamu melihat ada orang yang sedang flu di sekitar, jaga jarak aman yaitu kurang lebih 1 meter. Ini untuk menghindari kamu terkena cairan yang mungkin menyiprat saat orang tersebut bersin atau batuk.

 

Stay safe, Cookiners!

 

Simak juga:

Sop Ayam Antiflu, Cara Enak Menjaga Tubuh Dari Virus Flu

Sop Ayam Antiflu | ROMY PALAR/COOKIN.ID

Biar Imunitas Tubuh Terjaga, Yuk Makan Yoghurt Dengan 5 Variasi Ini

Yoghurt popsicles ini jenis camilan enak yang sehat, lho. | SHUTTERSTOCK

Nasi Hainan Berasal Dari Pulau Ini, Bukan Singapura, Lho!

Hainan Chicken Rice berasal dari Pulau Hainan Di Selatan China. | SHUTTERSTOCK

 
Penulis Marti
Editor Marti