Dress shabbily and they remember the dress, dress impeccably and they remember the woman.
Coco Chanel

Pengin Ajak Si Kecil Ikutan Sibuk Di Dapur? Baca Dulu 5 Tips Ini

author
Marti
Selasa, 7 April 2020 | 11:42 WIB
Penting melibatkan pendapat si kecil untuk bikin keputusan. | SHUTTERSTOCK

 

Ajak si kecil ikutan masak di dapur kadang bikin deg-degan. Jadi lebih membantu atau malah bikin respot, sih? Lupain dulu hasil akhir, karena unsur edukasinya lebih penting. Ini dia 5 tips masak bareng si kecil supaya #SeruDiDapur.

                                    

Memasak, selain penting sebagai life skill, ada proses belajar tentang nutrisi dan juga membangun rasa percaya diri. Jadi, kayaknya nggak perlu lagi kalau skill satu ini harus diajarkan ke si kecil.

Nggak usah memikirkan hasil akhir dulu dan nggak perlu juga banyak ekspektasi. Supaya memudahkan, simak tips masak bareng si kecil berikut.

 

Libatkan Saat Merencanakan Menu

Mau masak apa hari ini? Ini pertanyaan yang bisa diajukan ke anak-anak saat merencanakan menu. Cara ini bikin mereka merasa penting karena pendapatnya didengar dan dipertimbangkan.

Saat ikut bikin keputusan, kemungkinan mereka juga lebih menikmati proses memasak. Jadi nggak cuma harus patuh ‘disuruh’ melakukan A dan B. Jangan lupa bikin panduan yang jelas, misal menu harian harus ada sayur, protein dan karbo.

 

Tugas Sesuai Kapasitas

Sebagai orangtua, kita seharusnya tahu hal-hal apa yang bisa atau tidak bisa dilakukan si kecil. Ada yang bisa diberi tanggung jawab untuk mengupas sayuran. Ada juga yang cuma bisa mengaduk-aduk di mangkuk. Mulai aja dulu dengan yang mudah. Nanti lama-lama mereka bisa diberi tugas yang makin menantang.

Masak bareng si kecil bisa fun kalau tahu triknya. | SHUTTERSTOCK

 

Beri Kepercayaan

Kadang kita was-was saat memberi tugas yang agak berisiko, seperti yang melibatkan pisau atau kompor. Tapi selama kita memberi pengarahan yang tepat, mereka kemungkinan bisa melakukannya. Kalau sukses, mereka bakal jadi lebih percaya diri, lho!

Beri tahu cara aman memakai pisau untuk meminimalisir risiko. | SHUTTERSTOCK

 

Jangan Marah Kalau Berantakan

Siapa yang suka kesal kalau dapur jadi berantakan ketika si kecil ikut masak? Nah, mesti dikurang-kurangi, nih. Tumpahan bahan di sana sini harusnya sih nggak perlu jadi masalah ya. Tapiii, jangan juga bikin mereka abai dengan kebersihan. Setelah memasak selesai, ajak mereka juga untuk ikut bersih-bersih.

 

Mesti Lebih Sabar

Ini penting, nih. Kadang sering gemas kalau anak-anak lambat melakukan tugasnya. Mecahin empat telur, misalnya, kita cuma butuh 1 menit, sementara mereka butuh 5 menit. Atau potongan sayur nggak sesuai harapan? Namanya juga proses belajar, jadi sabar-sabar aja ya, Moms! Kalau sering latihan, lama-lama mereka jago juga.

 

Yuk, ajak si kecil ikutan repot di dapur, Moms!

 

Simak juga:

Kebanyakan Ngemil Selama Kerja Di Rumah? Ini Cara Mengantisipasinya!

Asyik kerja di sofa, tapi nggak usah sambil makan lebih baik. | SHUTTERSTOCK

Jangan Makan Makanan Kalengan Kalau Ada Tanda-Tanda Ini

Cara simpan pengaruhi ketahanan makanan kaleng. | SHUTTERSTOCK

Cara Belanja Aman Di Supermarket Supaya Terhindar Dari Virus Corona

Cara aman belanja di supermarker supaya terhindar dari virus corona. | SHUTTERSTOCK

Penulis Marti
Editor Marti