What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Mengatasi 5 Keluhan Kesehatan di Trimester Tiga  

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 5 Mei 2020 | 14:51 WIB
Kehamilan | SHUTTERSTOCK

 

 

Semakin tua usia kandungan, semakin banyak keluhan kesehatan yang dirasakan tubuh bumil.

 

1.Sakit Punggung

Kehamilan | SHUTTERSTOCK

Perut yang semakin besar memberi tekanan pada punggung sehingga terasa nyeri. Atasi dengan rutin melakukan stretching atau olahraga ringan seperti senam dan yoga hamil.

Saat tidur, berbaringlah ke arah kiri agar aliran darah dan oksigen ke tubuh bumil dan janin lebih lancar.

 

2.Heartburn

Janin yang semakin membesar akan menekan dada dan merangsang produksi asam lambung sehingga menimbulkan sensasi rasa terbakar atau perih pada area ulu hati.

Atasi dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering, makan perlahan-lahan, menghindari makanan yang mengandung gas, terlalu asam atau pedas, serta minuman berkafein atau bersoda. Selain itu, hindari langsung tidur atau berbaring setelah makan.

 

Baca juga: 7 Tips Mencegah Heartburn Saat Hamil

 

3.Kram Kaki

| SHUTTERSTOCK

Perut yang semakin berat memberi tekanan pada kaki sebagai penopang. Lakukan stretching ringan pada pagi dan malam sebelum tidur yang berfokus pada bagian kaki.

Bumil juga bisa memijat-mijat kaki secara perlahan menggunakan hot oil, atau lakukan olahraga berjalan kaki untuk melancarkan peredaran darah.

Kram juga terjadi karena bumil kekurangan kalsium. Konsumsi asupan tinggi kalsium, seperti susu, daging, telur, dan sebagainya.

 

4.Sering Buang Air Kecil

Cukupi kebutuhan cairan tubuh selama kehamilan. | SHUTTERSTOCK

Kondisi bumil sering buang air kecil pada trimester ketiga disebabkan janin yang semakin besar dan posisinya di bawah panggul sehingga menekan kandung kemih. Rasanya pasti kurang nyaman karena harus bolak-balik toilet.

Bumil bisa mengatasinya dengan menghindari minuman berkafein yang bersifat diuretik sehingga memicu rasa ingin buang air kecil. Selain itu, batasi minum air putih 2 jam sebelum tidur. Namun pastikan bumil sudah cukup minum 8-12 gelas sehari, ya.

Melakukan senam kegel untuk memperkuat otot-otot dasar panggul juga bisa mengatasi problem ini.

 

5.Sulit Tidur

Yoga hamil | SHUTTERSTOCK

Pada trimester akhir tubuh bumil harus fit untuk mempersiapkan persalinan. Namun faktanya bumil justru lebih sulit tidur karena beragam faktor, seperti kesulitan mencari posisi tidur yang nyaman karena perut semakin membesar, kegerahan, sesak napas, dan sebagainya.

Bumil bisa mengatasinya dengan mencoba melakukan kegiatan relaksasi sebelum tidur, seperti meditasi, yoga hamil, mandi air hangat, minum susu hangat, atau melakukan pijatan ringan. Selain itu, ciptakan lingkungan kamar tidur yang nyaman.

 

Selamat mencoba, Bunda!

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi