You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Fakta Menarik Seputar Air Mani dan Sperma yang Perlu Bunda Ketahui

author
Ruth Sinambela
Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:00 WIB
Serba-serbi air mani dan sperma laki-laki | Shutterstock

Seks memang bukan satu-satunya hal yang jadi tujuan dalam pernikahan. Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa seks memegang peran penting untuk mempertahankan keharmonisan hubungan suami istri.

Hubungan seks yang dilakukan atas dasar kebutuhan dan rasa sayang, terbukti dapat jadi aktivitas yang mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Karena setelah melakukan hubungan seks, biasanya tubuh kita jadi lebih relax, Bun.

Baca juga: Kata Dokter: Benarkah Taoge Bisa TIngkatkan Kualitas Sperma?

Nah, kali ini, yuk membahas beberapa fakta menarik seputar air mani dan sperma yang dihasilkan laki-laki saat mencapai puncak ejakulasi hasil dari proses penetrasi.

1. Sperma dan air mani itu berbeda

Hayo, siapa yang sebelumnya menyangka bahwa dua hal ini sama? Kenyataannya, saat laki-laki ejakulasi, cairan yang keluar adalah air mani. Nah, di dalam air mani inilah terdapat sperma. Kandungan sperma pada air mani hanya sekitar 5-10 persen, Bun.

2. Jumlah sperma saat ejakulasi

Meski kelihatannya air mani yang dikeluarkan jumlahnya sedikit, ditambah fakta bahwa sperma di dalamnya maksimal hanya 10 persen saja, nyatanya terdapat sekitar 180 juta sperma (66 juta/ml) tiap kali laki-laki ejakulasi. Bahkan ada juga yang mencapai 400 juta sperma dalam satu kali ejakulasi!

Tonton Video: Kata Dokter: Sperma Bisa Bertahan Berapa Lama di Saluran Reproduksi Wanita?

3. Sperma perempuan lebih kuat

Sperma yang ada di dalam air mani juga ada jenisnya, Bun. Jenis sperma perempuan dengan kromosom X yang akan menghasilkan bayi perempuan, dan kromosom Y yang akan jadi bayi laki-laki. Mana yang lebih kuat ‘berenang’ menuju sel telur? Yap, jawabannya adalah sperma perempuan!

4. Sperma bisa hidup berhari-hari

Di dalam tubuh perempuan, sperma bisa hidup sampai beberapa hari! Tapi, kalau di lingkungan luar, sperma bisa segera mati begitu saja setelah ejakulasi.

Fakta penting air mani dan sperma | Shutterstock

5. Kenapa air mani lengket?

Jawabannya, karena air mani mengandung enzim yang membuatnya menggumpal seperti gel atau lem lengket.

6. Warna air mani

Umumnya, air mani berwarna putih transparan, keruh, atau abu-abu. Tapi, bisa juga terlihat agak kekuningan. Nah, yang perlu Bunda waspadai adalah jika air mani berwarna kemerahan atau merah muda. Karena itu tanda adanya darah saat Ayah ejakulasi. Sebaiknya Ayah menemui dokter jika perubahan warna ini terjadi.

Baca juga: Cek Kesehatan Pria dari 4 Warna Sperma

7. Kandungan air mani

Setidaknya ada kandungan vitamin C, kalsium, klorin, kolesterol, asam sitrat, asam laktat, fosfor, magnesium, nitrogen, fosfor, kalium, natrium, vitamin B12, dan seng, yang ditemukan dalam air mani.

8. Air mani ada rasanya

Penelitian menyebutkan, jika ingin air mani terasa lebih enak dan punya cita rasa manis, sebaiknya laki-laki menghindari konsumsi susu, kopi, bawang putih, dan banyak-banyak makan buah serta minum air putih. Gimana Bun, mau coba?

 

Setelah mengetahui berbagai fakta seputar air mani dan sperma, semoga Bunda dan Ayah jadi lebih semangat melakukan hubungan intim, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela