For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Tips Aman Mencukur Rambut Bayi Saat Akikah

author
Ruth Sinambela
Senin, 22 November 2021 | 15:25 WIB
Akikah Merupakan Tradisi Umat Islam Dalam Memotong Rambut Bayi | Shutterstock

Akikah merupakan tradisi yang dilakukan umat Islam dalam rangka mengucap syukur atas kelahiran serta kesehatan bayi juga Bunda yang melahirkan. Secara umum akikah dilakukan pada hari ke 7, namun dapat juga dilakukan pada hari ke 14, 21, maupun hari ke 40 setelah bayi lahir. Akikah dilakukan dengan mencukur rambut bayi dan pemotongan hewan kurban. Selain itu perayaan akikah juga disertai pemberian nama untuk bayi yang baru lahir.

Apabila Ayah dan Bunda memilih untuk melakukan pemotongan rambut sendiri, sebaiknya Bunda dan Ayah mempersiapkan diri terlebih dahulu, ya. Kebanyakan orang tua mungkin masih merasa agak takut atau grogi saat melakukannya. Untuk itu berikut ini beberapa hal yang perlu Bunda dan Ayah ketahui sebelum mencukur rambut bayi, juga tips agar mencukur rambut si kecil aman dan mudah dilakukan.

Baca Juga: Serba-serbi Susu untuk Bayi dan Anak: Manfaat, Takaran, dan Kapan Boleh Berhenti Diberikan

Gunakan alat cukur yang berkualitas

Saat akikah, usia si kecil baru beberapa minggu, sehingga kepalanya tentu saja masih sangat lunak. Bunda dan Ayah sebaiknya menyiapkan pisau cukur baru dengan ketajaman yang baik dan berkualitas, hal ini penting agar nantinya tidak perlu mengulang-ulang pencukuran karena pisau cukur yang tidak tajam.

Tak perlu terburu-buru

Bunda atau Ayah tak perlu terburu-buru ketika mencukur rambut si kecil. Sebaiknya pencukuran dilakukan dengan santai. Berhentilah sebentar apabila Bunda dan Ayah merasa lelah, dan lanjutkan lagi setelah beristirahat sebentar.

Akikah atau Pemotongan Rambut Bayi Dilakukan Oleh Orang Tua Maupun Keluarga Lainnya | Shutterstock

Tak perlu terlalu rapi

Ketika Bunda dan Ayah mencukur sendiri rambut si kecil, maka hasil cukur pasti tak akan serapih apabila dilakukan oleh tukang cukur profesional. Jadi tak apa kalau hasil cukur rambut si kecil tidaklah sempurna. Apabila memang ingin merapikan hasil cukur, Bunda dan Ayah dapat membawa si kecil ke salon nantinya. Yang terpenting adalah kepala si kecil aman dan terhindar dari luka karena alat cukur, ya!

Mandi setelah selesai bercukur

Setelah selesai bercukur, akan banyak sisa rambut yang menempel di baju dan badan si kecil. Dengan mandi setelah bercukur, anak tentu akan merasa lebih segar juga bebas gatal akibat rambut yang menempel.

Baca Juga: Ingin Rambut Bayi Lebat dan Indah? Ini Cara Merawatnya

Nah, itu dia tips aman mencukur rambut bayi saat akikah. Tambahan untuk Bunda, setelah si kecil selesai dicukur sampai habis, Bunda bisa memakaikan topi padanya. Topi akan melindunginya dari dingin. Namun ini tidak wajib dilakukan karena tidak semua bayi mau dan nyaman mengenakannya. Apabila si kecil merasa tidak nyaman mengenakan topi, Bunda juga bisa menutup kepalanya dengan kain atau bedong.  Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan peralatan cukur dan tangan Bunda juga Ayah saat melakukan pencukuran di hari akikah si kecil nanti ya. Semoga berguna!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela