You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Memilih Bahan Pakaian yang Nyaman dan Cocok Untuk Bayi

author
Ruth Sinambela
Selasa, 14 Desember 2021 | 15:08 WIB
Katun Adalah Bahan Pakaian yang Paling Sering Digunakan Sebagai Pakaian Bayi | Shutterstock

Bunda yang tengah menanti persalinan, pasti sudah mulai memilih dan membeli pakaian yang akan digunakan si kecil nantinya, ya. Ketika mempersiapkan pakaian untuk bayi, bukan hanya model atau warna yang perlu diperhatikan, namun juga bahan yang digunakan, Bun.

Sekarang ini, merek-merek pakaian yang memproduksi pakaian bayi sudah memiliki standar terbaik dalam produksinya, termasuk memilih bahan yang dipakai. Keunggulan bahan dan kualitas jahitannya, menjadi daya tarik dan daya saing tersendiri di dunia industri pakaian bayi dan anak. Semua produsen berlomba untuk menggunakan bahan terbaik, yang berkualitas juga nyaman. Dan laku dipasaran tentunya.

Baca Juga: Saat Ingin Memakaikan Anting pada Bayi, Perhatikan 3 Hal Ini ya, Bun!

Untuk memudahkan Bunda dalam memilih pakaian bayi berdasarkan bahannya, berikut ini 6 bahan terbaik, yang nyaman dan berkualitas untuk si kecil.

Katun

Pakaian Bayi Berbahan Katun | Shutterstock

Katun merupakan bahan pakaian untuk bayi yang paling aman dan nyaman. Namun tetap pastikan jangan sampai Bunda salah memilih bahan katun ya. Ada dua macam katun yang berbeda. Pilihlah cotton combed, bukannya cotton carded, Bun! Cotton combed adalah jenis katun dengan serat halus dan nyaman dikenakan, juga menyerap keringat dengan baik. Sebaliknya, cotton carded memiliki rajutan tidak teratur sehingga bahan terasa kasar.

Baca Juga: Bebas Kutu dan Apek, Rawat Kain Tradisional Dengan Daun Salam dan Merica

Cotton Viscose (CVC)

Pakaian Berbahan Cotton Viscose (CVC) Nyaman Dipakai | Shutterstock

CVC merupakan campuran bahan cotton combed dan viscose. Bahan ini mudah menyerap keringat dan menyusut lebih sedikit.

Kombinasi katun dan spandex

Sangat sejuk dan nyaman dipakai. Terlebih lagi untuk bayi yang sudah mulai memiliki banyak aktivitas dan mudah merasa gerah, bahan ini akan membuatnya nyaman bergerak.

Baby terry

Bahan Pakaian Baby Terry Cocok untuk Selimut dan Mantel Bayi | Shutterstock

Bahan ini biasanya digunakan untuk pakaian hangat bayi, seperti sweater, jaket, dan selimut. Memiliki daya serap tinggi dan juga lembut, bahan ini juga minim risiko alergi.

Kain minky

Kain Minky Bertekstur Halus dan Lembut | Shutterstock

Banyak digunakan untuk membuat jaket, kain minky memiliki karakteristik seperti beludru. Kain ini sangat lembut dan juga halus.

Kain serat bambu

Kain Serat Bambu Merupakan Bahan Pakaian Organik Berkualitas Tinggi | Shutterstock

Kain ini dibuat dengan menggunakan bahan alami, Bun. Memiliki keunggulan seperti anti bakteri, anti bau, dan dapat menyerap keringat dengan baik. Harga kain ini memang agak mahal, namun apabila si kecil memiliki kulit yang sensitif, jenis kain ini bisa menjadi solusi. Karena ringan, lembut, elastis, sejuk, dan tahan lama.

Baca Juga: Bayi Memakai Popok Kain, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui

Apapun bahannya, murah atau mahal, pastinya akan memberi kenyamanan dan kehangatan bagi si kecil, apabila Bunda memakaikannya dengan cinta dan sayang. Selamat memilih bahan terbaik yang cocok untuk si kecil, Bunda!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela