When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Bunda, Jangan Sampai Ada 5 Benda Ini di Box Atau Tempat Tidur Bayi, ya!

author
Ruth Sinambela
Kamis, 23 Desember 2021 | 14:50 WIB
Bunda Sebaiknya Menjauhkan Benda-benda yang Dapat Membahayakan Bayi Saat Tidur | Shutterstock

Bantal dan selimut bayi, rasanya wajar apabila diletakkan di tempat tidur bayi ya, Bun? Namun kenyataannya, bantal dan selimut bayi ternyata sebaiknya tidak diletakkan di tempat tidur atau box bayi, karena dapat membahayakan si kecil. Kenapa begitu, ya? Berikut ini penjelasan dari para ahli, mengapa bantal, selimut, dan beberapa benda lainnya, sebaiknya tidak diletakkan di box atau tempat tidur bayi.

Bantal

Tidak seperti Bunda dan Ayah atau orang dewasa lainnya, para ahli mengatakan bahwa bayi tidak perlu menggunakan bantal saat tidur. Bayi tidak bisa tidur dengan bantal sampai mereka balita. Bayi harus tidur di atas permukaan datar dan keras sampai usia 1 tahun atau sebaiknya 18 bulan.

Penggunaan bantal untuk bayi baru lahir atau masih berusia di bawah usia satu tahun sangat berisiko menutup area mulut dan hidung bayi ketika tidur, sehingga dapat mengalami kesulitan bernapas, dan menyebabkan kematian mendadak atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

Selimut

Karena takut si kecil kedinginan, banyak Bunda yang menyelimuti bayi saat tidur. Padahal, memberikan selimut pada bayi justru membahayakan. Selimut dapat membuat bayi kekurangan udara dan malah membuat bayi kegerahan atau kepanasan. 

Baca Juga: 7 Benda yang Sebaiknya Disingkirkan Dari Kamar Tidur

Bayi Berusia di Bawah 1 Tahun Tidak Memerluksan Bantal Maupun Selimut Saat Tidur | Shutterstock

Humidifier atau alat pelembap udara

Memang benar humidifier dapat menjaga kelembapan udara di ruang tidur atau kamar bayi. Namun, apabila penggunaannya tidak diawasi dan dirawat dengan benar, humidifier dapat menimbulkan masalah jamur.

Apabila Bunda tetap memerlukan humidifier dan memutuskan untuk menggunakannya, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan Dokter Spesialis Anak (DSA) ya, Bun. Nantinya dokter mungkin akan menyarankan penggunaan alat pengukur kelembapan atau hygrometer bersamaan dengan humidifier yang Bunda gunakan.

Baca Juga: 9 Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Mandi

Boneka

Dilarang meletakkan boneka di tempat tidur atau box bayi, Bun. Jangan biarkan benda apapun berada di sekitar si kecil ketika ia tidur atau tidak dalam pengawasan Bunda. Walau boneka sering digunakan untuk menghibur dan bermain dengan bayi. Simpan dan letakkanlah boneka di tempat yang tak dapat dijangkau oleh bayi, setelah Bunda menggunakannya.

Bagian mata atau hidung boneka yang terbuat dari manik-manik atau kancing mudah lepas dan bisa tertelan oleh bayi. Sebaiknya Bunda membeli boneka yang bagian mata, hidung mulut dan lainnya hanya terbuat dari jahitan benang. Ingat juga untuk memastikan jahitan boneka sangat erat dan tidak ada celah sehingga isian boneka tidak akan keluar.

Menggantung Bola-bola atau Lampu Kelap-kelip di Sekitar Box Bayi Sangat Tidak Disarankan karena Dapat Membahayakan | Shutterstock

Fairy lights

Fairy lights, atau lampu tali yang diuntai sedemikian rupa sebagai dekorasi di box atau tempat tidur bayi, sangat tidak disarankan, Bun. Selain itu, benda apapun yang memiliki kabel harus disimpan jauh dari jangkauan si kecil. Karena dapat memicu bahaya jika sampai barang itu masuk ke dalam mulut, atau menyebabkan anak tercekik.

Baca Juga: Bolehkah Kakak Sekamar Dengan Adik Bayinya?

Nah, itu dia 5 benda yang sebaiknya tidak diletakkan di box, tempat tidur, atau sekitar bayi, tanpa pengawasan, Bunda. Mendekorasi memang menyenangkan, namun Bunda harus pikirkan juga baik dan buruknya, agar jangan sampai kelak dekorasi di sekitar bayi malah akan membahayakan.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela