Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Rekomendasi Sepeda Roda Dua untuk Anak Usia 5 Sampai 12 Tahun

author
Ruth Sinambela
Selasa, 4 Januari 2022 | 15:23 WIB
Bermain Sepeda Selain Menyehatkan juga Melatih Motorik dan Daya Konsentrasi Anak | Shutterstock

Bersepeda merupakan kegiatan fisik yang menyenangkan, sekaligus juga kegiatan seru untuk dilakukan oleh si kecil. Bahkan menurut Journal of Pediatric Psychology, bersepeda bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan kepekaan panca indera si kecil.

Bagi Bunda yang memiliki buah hati berusia 5 – 7 tahun, biasanya sudah mulai ditagih untuk membelikan sepeda roda dua, nih. Pada usia ini, biasanya sepeda yang dimiliki atau yang biasa dimainkan oleh si kecil, sudah mulai tak sepadan dengan pertumbuhan badannya ya, Bun? Untuk itu, Kanya ingin membantu Bunda memilih dan membelikan sepeda baru untuk si kecil. Yuk, ngumpul, Bun. Ini dia tips memilih sepeda roda dua untuk si kecil di rumah.

Baca Juga: Kata Dokter: Keterampilan Naik Sepeda Banyak Manfaatnya Bagi Anak

Memilih sepeda bukan hanya dari harganya saja

Itulah mengapa memilih sepeda anak yang sesuai sebaiknya tak sembarangan. Beda dengan sepeda dewasa yang hanya memperhitungkan rangka, memilih sepeda anak mesti disesuaikan dengan beberapa faktor lain. Untuk itu, tak ada salahnya apabila Bunda dan Ayah, memperhatikan beberapa faktor berikut ini, sebelum memilih sepeda yang akan dibeli untuk si kecil.

  • Pilih sepeda berdasarkan usia anak. Jadi yang sesuai dengan kemampuan kognitif, fisik, dan ukuran tubuhnya juga ya, Bun.
  • Pilihlah sepeda dengan rem untuk anak usia 4 tahun ke atas. Untuk memastikan fungsi rem, putarlah ban depan kemudian tekan remnya. Jika berhenti, berarti rem berfungsi dengan baik.
  • Pilihlah sepeda dengan rangka yang ringan, kokoh, dan stabil.
  • Pilih juga sepeda yang memiliki pelindung rantai. Ini berguna untuk keamanan si kecil saat mengendarai sepeda, agar kaki si kecil tak tersangkut, juga melindungi kakinya dari kotor.
  • Pilihlah sepeda dengan bahan pelek yang terbuat dari campuran logam dan aluminium.

Baca Juga: Balance Bike, Sepeda Tanpa Pedal, Ini Manfaatnya

Rekomendasi sepeda roda dua untuk si kecil

Banyaknya merek sepeda di pasaran, memungkinkan Bunda atau Ayah untuk memilih yang terbaik bagi si kecil. Dengan berbagai harga dan kualitas yang ditawarkan, sebaiknya Bunda bukan hanya memilih sepeda berdasarkan harganya, namun juga kebutuhannya.

Beberapa merek sepeda untuk si kecil yang Kanya rekomendasikan berikut ini, mudah-mudahan dapat dijadikan pilihan dan membantu Bunda atau Ayah dalam memilih, ya.

Senator Extreme BMX

Sepeda ini berukuran 20 inchi, yang cocok digunakan oleh anak berusia 6 – 10 tahun. Senator Extreme BMX dilengkapi dengan sistem rem torpedo, yaitu mengerem dengan memutar pedal ke belakang, sehingga membuat sepeda ini tampak simpel dan rapih tanpa kabel.

Senator Extreme BMX 20 | Shopee

 Family Flubber Roda Empat 16 Inch

Sepeda ini berukuran 16 inchi, yang dapat digunakan oleh anak berusia 5 – 8 tahun, Bun. Cocok untuk gadis kecil Bunda, nih. Warna dan desainnya manis. Sepeda ini juga memiliki keranjang dan pelindung rantai.

Family Flubber 16 Inch | Shopee

 United Bike Detroit SV 24 inch

Berukuran 24 inchi, sepeda ini cocok untuk si kecil yang sudah makin besar. Dapat digunakan oleh anak berusia sekitar 8 – 12 tahun. Sebaiknya sepeda ini digunakan oleh si kecil yang sudah lancar dan cukup mahir bersepeda ya, Bun. Sepeda ini juga memiliki rangka berbahan aluminium, sehingga cukup ringan dan nyaman dikayuh untuk jarak jauh.

United Detroit SV 24 Inch | Tokopedia

 Polygon Coastal 20 inch

Dengan desain simpel dan bobot yang ringan, juga sistem rem sederhana. Sepeda ini tak memerlukan perawatan khusus, karena tidak memiliki operan gigi, Bun.

POlygon Coastal 20 Inch | Bukalapak

London Taxi Road Sepeda Anak 24 Inch

Sepeda ini merupakan sepeda yang didesain khusus untuk anak-anak hingga usia remaja. Desainnya klasik dan berciri-khas, sadel empuk, disertai rangka yang ringan juga berkualitas, merupakan beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh merek ini, Bun.

London Taxi Road Sepeda Anak 24 Inch | Blibli

Baca Juga: 8 Alasan Bermain Outdoor Itu Bagus

Pastikan Bunda memilih sepeda yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan si kecil saat menggunakannya, ya. Semoga artikel ini dapat membantu Bunda dan Ayah yang akan membelikan sepeda baru untuk si kecil!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela