Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Mengapa Diet Ketat Ala Idol Korea, Jeon Somi, Tidak Untuk Ditiru!

author
Ruth Sinambela
Selasa, 11 Januari 2022 | 14:55 WIB
Jeon Somi Melakukan Diet Pisang Setiap Kali Diperlukan untuk Kebutuhan Panggung | Instagram somsomi0309

Beberapa bulan belakangan, diet ketat ala artis Korea Selatan, Jeon Somi, kembali menjadi pembicaraan netizen Indonesia, Bun. Pasalnya beberapa akun media sosial memposting kembali perihal diet ketat yang biasa dilakukan Jeon Somi untuk mengurangi bobot tubuhnya. Diketahui Jeon Somi memang sering kali menjalankan diet pisang, atau banana diet, setiap kali ia perlu menurunkan berat badannya secara cepat.

Diet ini dilakukannya hanya dengan mengonsumsi satu buah pisang untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Ia juga mengonsumsi banyak air putih agar tidak merasa terlalu lapar, Bun. Dengan menjalani diet seperti ini, berat badannya akan turun sebanyak 4 – 5 kg dalam satu minggu. Duh, menyiksa ya, Bun!

Baca Juga: Tren Plant Based Diet, Baik untuk Tubuh Jika Dilakukan dengan Tepat

Dilakukan untuk keperluan “comeback” album baru

Perlu diketahui, bahwa Jeon Somi melakukan diet pisang hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Biasanya ia akan melakukan diet ini saat menjelang “comeback” atau kemunculan kembali dengan album barunya. 

Hal ini memang biasa dilakukan oleh selebritis maupun idol Korea. Dimana menurunkan berat badan merupakan salah satu pekerjaan yang harus dilakukan demi penampilan paripurna di atas panggung. Jeon Somi sendiri telah melakukan diet ini sejak usianya masih remaja, semata-mata hanya untuk keperluan “debut” dan “comeback”. Selebihnya, idol maupun selebritis Korea sama dengan orang biasa, Bun. Mereka juga suka menyantap makanan-makanan enak. Namun juga menyeimbangkannya dengan berolahraga.

Jeon Somi Saat Masih Berusia 15 Tahun, Telah Melakukan Diet Pisang untuk Keperluan Debut Karirnya | Tribunnews

Baca Juga: 6 Tips Diet Buat yang Punya Maag

Peringatan: Banana diet tidak boleh dilakukan sembarangan

  • Menimbang bahwa diet pisang merupakan salah satu diet ekstrem, maka sangat tidak disarankan untuk mencoba diet ini, apalagi tanpa pendampingan dokter atau ahli gizi lainnya ya, Bun. Kalau nekat, bisa saja tubuh menjadi sakit dan malah mengalami komplikasi lainnya. Hal ini sangat berbahaya.
  • Khususnya untuk Bunda yang mungkin berpikiran bahwa Jeon Somi berhasil melakukan diet ini dan tertarik untuk mengikuti, coba dipikir-pikir lagi, ya! Pasalnya, Jeon Somi sendiri merupakan idol yang melakukan diet pisang untuk tujuan yang spesifik, yaitu tampil saat comeback. Selain itu, sebagai selebritis profesional papan atas, sudah pasti Jeon Somi menjalani diet dengan pengawasan dokter atau ahlinya, Bun. Jadi tidak bisa disamakan dengan orang biasa.
  • Diet ekstrem semacam ini, sering kali hanya bertujuan untuk kebutuhan sementara saja, bukan jangka panjang. Jadi tidak perlu dicoba ya, Bun.
  • Akan ada efek yo-yo yang mungkin sekali terjadi, apabila Bunda memutuskan untuk mencobanya. Hati-hati, bukannya turun bisa-bisa nanti malah timbangannya naik.

Baca Juga: Makin Langsing, Adele Sukses Jalanin Diet Sirtfood

Paling baik memang melakukan diet alami, Bun. Yaitu mengganti makanan tak sehat dengan sayur dan buah-buahan, ditambah protein juga karbohidrat yang cukup. Selebihnya, barengi diet dengan olahraga, dan hindari makanan manis atau makanan olahan. 

Walau butuh waktu, namun diet ini merupakan diet yang aman dan sehat. Apabila diperlukan, Bunda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi yang dipercaya, untuk menentukan diet yang cocok. Semangat, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela